Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

OPM Tembaki Helikopter Pengevakuasi Tujuh Jenazah TNI

Helikopter yang digunakan untuk mengevakuasi tujuh jenazah anggota TNI di sekitar Bandara Sinak, Papua, ditembaki kelompok bersenjata.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in OPM Tembaki Helikopter Pengevakuasi Tujuh Jenazah TNI
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Sejumlah siswa taman kanak-kanak (TK) mencoba menaiki helikopter TNI Angkatan Darat, usai acara peringatan HUT ke-67 TNI, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2012). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Helikopter TNI yang digunakan untuk mengevakuasi tujuh jenazah anggota TNI di sekitar Bandara Sinak, Papua, ditembaki kelompok bersenjata.

Peristiwa terjadi pada Jumat (22/2/2013) pagi. Kala itu, helikopter hendak mendarat.

"Saat hendak dilakukan evakuasi terhadap jenazah, ada penembakan terhadap helikopternya. Setelah itu helikopter mencari tempat aman, dan siang ini evakuasi tidak bisa dilanjutkan karena cuaca buruk," kata Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen TNI Marciano Norman, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat.

Menurutnya, evakuasi terhadap tujuh jenazah, akan dilanjutkan kembali ketika cuaca membaik.

"Apapun kondisinya, tujuh jenazah itu akan dievakuasi," tegas Marciano.

Marciano mengungkapkan, kelompok separatis bersenjata yang menyerang aparat TNI, merupakan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"OPM ini kan sudah lama di sana (Papua)," ucap Marciano.

BERITA REKOMENDASI

Diberitakan sebelumnya, sekelompok warga sipil bersenjata di Papua mengadang dan menembaki Pos TNI di wilayah Puncak Jaya, Kamis (21/2/2013) pagi. Akibatnya, delapan personel TNI gugur.   

Penembakan dilakukan di Pos TNI di Pos Tinggi Nambut, Puncak Jaya. Lettu Inf Reza (Komandan Pos Tinggi Nambut) mengalami luka tembak pada lengan sebelah kiri, dan Pratu Wahyu Prabowo (anggota Pos Yonif 753 Tinggi Nambut, Nabire) terkena tembakan di dada dan meninggal dunia.  

Kejadian kedua terjadi pada hari yang sama, saat gerakan separatis bersenjata mengadang anggota TNI yang sedang dalam perjalanan menuju Bandara Sinak, dan mengakibatkan tujuh anggota TNI gugur. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas