Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dahlan Iskan: Jawa Pos Grup Jangan Jadi Corong Saya

Kali ini Dahlan membuat situs resmi khusus untuk membahas kasus pengadaan gardu listrik di gardudahlan.com

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Dahlan Iskan: Jawa Pos Grup Jangan Jadi Corong Saya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan usai diperiksa di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (4/6/2015). Dahlan Iskan diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi pengadaan proyek pembangunan 21 gardu induk Jawa-Bali-Nusa Tenggara Barat senilai Rp 1.063 triliun. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah resmi statusnya menjadi tersangka kasus pengadaan pembangkit listrik, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan angkat bicara.

Kali ini Dahlan membuat situs resmi khusus untuk membahas kasus pengadaan gardu listrik di gardudahlan.com.

Dalam situs tersebut Dahlan menegaskan tidak akan memakai bekas perusahaan media yang ia pimpin, untuk menyuarakan isi hatinya menghadapi kasus pengadaan tersebut.

"Mungkin ada yang mengira saya akan minta Jawa Pos Group untuk menjadi corong saya dalam menghadapi perkara gardu induk PLN di mana saya sudah ditetapkan menjadi tersangka. Mohon doa restu, agar saya tidak begitu," ujar Dahlan di situs gardudahlan.com, Senin (8/6/2015).

Dahlan menegaskan ia tidak akan menggunakan saham yang ia tanam di perusahaan media untuk membelanya pada kasus pengadaan gardu listrik.

"Pertama, saya sudah lama bukan lagi pimpinan Jawa Pos Group. Sejak saya sakit delapan tahun lalu. Memang saya memiliki saham di situ, tapi dalam perusahaan modern pemegang saham dan manajemen harus terpisah," kata Dahlan.

Dahlan memaparkan ingin agar para media ideal menuliskan pemberitaan. Karena hal itu ia membuat situs gardudahlan.com.

BERITA TERKAIT

"Kedua, Jawa Pos Group biarlah menjadi corong bagi siapa saja. Jangan menjadi corong saya. Kami belajar dari pengalaman masa lalu yang ternyata hal seperti itu kurang baik. Mungkin tidak akan berjalan ideal, tapi kami menyadari bahwa kini masyarakat sudah sangat cerdas dan sangat kritis," ucap Dahlan.

Dahlan pun mengakui masyarakat saat ini sudah pintar dan memilah berita yang akan ia baca.

"Masyarakat selalu menilai media itu seperti apa.

Ketiga, toh sudah ada internet. Opini-opini pribadi, kepentingan-kepentingan pribadi, aspirasi pribadi bisa disalurkan melalui media on-line. Tanpa harus mengganggu media publik yang seharusnya menjadi milik publik.

Sudah banyak tokoh yang memilih dan melakukan cara ini. Terutama bagi para tokoh yang merasa aspirasinya tidak tertampung di media publik," papar Dahlan.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas