Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas Perempuan: Angka Kekerasan Seksual di DKI Tinggi

Ketua Komisi Nasional Perempuan, Azriana mengungkapkan angka kekerasan seksual di DKI Jakarta tergolong dalam kategori tinggi.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Komnas Perempuan: Angka Kekerasan Seksual di DKI Tinggi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Aktivis dari berbagai elemen menggelar aksi Panggung Rabu #SisterInDanger di depan Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/5/2016). Dalam aksinya mereka menyerukan pemerintah agar segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual tanpa hukuman kebiri dan hukuman mati. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Imanuel Nicola Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Perempuan, Azriana mengungkapkan angka kekerasan seksual di DKI Jakarta tergolong dalam kategori tinggi.

"Jadi di DKI tertinggi," ujar Azriana di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Namun, Azriana tidak menjabarkan angka detail dari kekerasan seksual di Ibu kota tersebut.

Azriana mengungkapkan, tingginya angka kekerasan seksual di DKI lantaran kini para korban memiliki kesadaran dan keleluasaan untuk melaporkan kasus tersebut, sehingga banyak yang terungkap.

Jika dibandingkan Papua Barat yang memiliki angka kekerasan seksual yang sedikit, Azriana mengatakan belum tentu di sana kasus tersebut jarang terjadi.

"Beda mungkin dengan Papua Barat, tidak ada lembaga layanan di sana, kantor polisi juga jauh. Kemudian masyarakat juga masih melihat kekerasan seksual sebagai aib yang harusnya tidak boleh dibuka. Jadi angka perlu dilihat dalam konteks itu," tutur Azriana.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas