Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Istri Sanusi Dihadirkan Sebagai Saksi dalam Sidang Kasus Suap Raperda Reklamasi

Seperti diketahui, KPK menetapkan Mohamad Sanusi sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Istri Sanusi Dihadirkan Sebagai Saksi dalam Sidang Kasus Suap Raperda Reklamasi
Harian Warta Kota/henry lopulalan
SIDANG LANJUTAN - Terdakwa Sanusi dalam sidang lanjutan dugaan suap pembahasan raperda reklamasi di Pengadilan Tipikor, Jalan Bunggur Raya, Jakarta, Senin (26/9). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kembali menggelar sidang perkara suap raperda reklamasi Teluk Jakarta dan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan terdakwa M Sanusi, Senin (3/10/2016).

Hari ini Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) menghadirkan sejumlah saksi, diantaranya istri dari terdakwa Evelien.

Selain itu jaksa juga menghadirkan Gerry Prasetia sebagai perantara suap dari Agung Podomoro Land kepada Sanusi, Maria Susanti, Palgunadi, Herlina, Riyantono, dan Rully Parulian, yang semuanya adalah pegawai swasta.

Seperti diketahui, KPK menetapkan Mohamad Sanusi sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang.

Penetapan ini bagian dari pengembangan terhadap kasus dugaan suap pembahasan Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Jakarta dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Atas perbuatannya ini, KPK menjerat Sanusi dengan Pasal 3 atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP.

BERITA TERKAIT

Sebelum ini, Sanusi juga sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pembahasan raperda reklamasi bersama dua orang lainya, yakni Presiden Direktur PT APL Ariesman Widjaja dan Personal Assistant PT APL Trinanda Prihantoro.

Sanusi diduga menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari PT APL terkait dengan pembahasan Raperda RWZP3K dan Raperda RTR Kawasan Pesisir Pantai Utara Jakarta oleh DPRD DKI.

Di mana kedua raperda itu sudah tiga kali ditunda pembahasannya di tingkat rapat paripurna.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas