Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terpidana Bebas ke Luar Negeri, Anggota DPR: Hukum Dipermainkan

Kendati Pengadilan Negeri Surakarta telah memvonisnya delapan tahun penjara, jaksa belum juga mengeksekusi Robby Sumampouw sehingga bebas melenggang.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Terpidana Bebas ke Luar Negeri, Anggota DPR: Hukum Dipermainkan
SKYTRAX
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kendati Pengadilan Negeri Surakarta telah memvonisnya delapan tahun penjara, jaksa belum juga mengeksekusi Robby Sumampouw sehingga bebas melenggang.

Pengusaha kenamaan itu oleh Pengadilan Negeri Surakarta dijatuhi hukuman delapan tahun penjara pada Oktober 2012 lalu karena terbukti memalsukan akta Yayasan Bhakti Sosial Surakarta (YBSS) yang ia kelola bersama sejumlah pengusaha lain di Solo.

Vonis terhadap Robby juga diperkuat oleh putusan Pengadilan Tinggi Jateng. Mahkamah Agung turut menguatkan putusan tingkat pertama dan kedua. 




Robby dinilai melanggar Pasal 266 Ayat 1 dan 2 junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP tentang pemalsuan akta autentik. Dia dinyatakan bersalah karena memerintahkan membuat keterangan palsu dalam akta YBSS Nomor 55 pada Juli 2008 lalu.

Menurut catatan Imigrasi sejak Januari 2016 sampai dengan 2017, ada 92 kali perjalanan yang dilakukan Robby. Fakta ini membuktikan yang bersangkutan tak pernah di Indonesia guna menjalani eksekusi. 

Ini artinya, klaim Kejaksaan bahwa Robby sudah dieksekusi tak terbukti, karena terpidana nyata pergi ke luar negeri berkali-kali.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Muhammad Syafii menilai terpidana yang bebas pergi keluar negeri, meski sudah inkrah, menjadi bukti hukum di negara ini dipermainkan oleh segelintir orang.

BERITA TERKAIT

Ini juga jadi bukti, lembaga penegak hukum, hanya tajam ke rakyat kecil, kepada mereka yang memiliki kedekatan kekuasaan, hukum sangat tumpul.

"Saya pikir dalam kasus ini sudah menunjukkan kegagalan Pemerintah untuk menjalankan sebuah negara yang berkeadilan. Karena pemerintah tidak menegakkan hukum yang adil," tegas Syafii di Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Menurut dia, banyak kasus lain, yang mirip Robby, di mana terpidana bebas keluar negeri. Seharusnya pemerintah dan lembaga penegak hukum untuk bertindak adil dan tegas kepada siapa pun jika terbukti bersalah.

"Saat ini negara ini bukan lagi negara hukum, karena hukum sekarang seperti dimainkan oleh peguasa," tegas dia.

Syafii menilai Indonesia dapat dikategorikan sebagai negara darurat hukum yang berkeadilan. Sebab, penegakan hukum sudah tidak fair lantaran hanya menyasar rakyat kecil. 

Jika mengacu pasal 27 UUD 1945 bahwa semua warga negara secara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta juga wajib menjunjung tinggi hukum semestinya pembiaran seperti ini tidaklah boleh terjadi. 

"Dalam kasus Robby ini jelas menunjukkan kegagalan Pemerintah dalam menjalankan sebuah negara karena tidak menegakan hukum yang adil," tegas dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas