Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

KPK dan Mendagri Bahas 3 Hal Ini Sikapi Banyaknya Kepala Daerah Terlibat Tipikor

"Terutama untuk menegaskan apa yang selalu disampaikan Mendagri mengenai area rawan korupsi, terutama pengadaan dan perizinan,"

KPK dan Mendagri Bahas 3 Hal Ini Sikapi Banyaknya Kepala Daerah Terlibat Tipikor
Tribunnews.com / Rizal Bomantama
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan usai pertemuan di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan melakukan pertemuan di Gedung A Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017) pagi.

Menurut Pahala Nainggolan ada tiga hal utama yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung tertutup untuk awak media itu.

Baca: Polisi Geledah Pabrik Pengolahan PCC di Cimahi

Ketiga hal itu menurut Pahala berkaitan erat dengan maraknya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK beberapa waktu terakhir yang menyeret sejumlah kepala daerah.

Pertama, penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintahan (APIP) termasuk Inspektorat Daerah karena apa yang terjadi akhir-akhir ini kuncinya sebenarnya ada di APIP.

Penguatan yang dimaksud adalah supaya APIP bertanggung jawab kepada lapis di atasnya.

Baca: Patrialis Akbar Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Misal APIP kabupaten bertanggung jawab kepada gubernur, lalu di tingkat provinsi bertanggung jawab langsung pada menteri.

"Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan juga mengusulkan agar Inspektorat Daerah setara posisinya dengan Sekretaris Daerah. Upaya-upaya itu dilakukan untuk menjaga independensi APIP," kata Pahala.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas