Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pinhantanas dan PT Askrindo Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Tingkatkan Indhan Nasional

“Ini adalah cara untuk merevitalisasi industri pertahanan nasional termasuk upaya pengembangan dan peningkatan daya saingnya,” kata Connie

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Pinhantanas dan PT Askrindo Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Tingkatkan Indhan Nasional
Istimewa
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu seusai menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Askrindo dengan Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas) di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (3/5/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sinergi antara Industri Pertahanan Nasional dengan pelaku industri keuangan nasional terjalin dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas) dan PT Askrindo (Persero) di Gedung Kementerian Pertahanan, Kamis (3/5/2018) pagi, disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Kehadiran Menteri Pertahanan dalam momen penandatanganan kerja sama ini menunjukkan bahwa pemerintah mendukung penuh kemajuan industri pertahanan nasional.

Baca: Kemiskinan Keluarga di Tangerang, Tinggal di Gubuk Hingga Minum Air Comberan

Terutama dari pelaku usaha swasta yang selama ini berada di bawah pembinaan Badan Sarana Pertahanan dan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Menurut Ketua Dewan Pengawas Pinhantanas, Connie Rahakundini Bakrie, sinergi lintas sektor industri ini akan saling menguatkan kedua belah pihak.

“Ini adalah cara untuk merevitalisasi industri pertahanan nasional termasuk upaya pengembangan dan peningkatan daya saingnya,” kata Connie dalam sambutannya, Kamis (3/5/2018).

Connie mengatakan, kerja sama dengan industri keuangan dalam negeri juga akan sangat berguna dalam mendukung seluruh pelaku industri pertahanan nasional. Baik itu Pinhantanas maupun Perkumpulan Perusahaan Ekspor-Impor (PP Eksim) Alpalhankam yang bila ditotal bersama jumlahnya mencapai 545 pelaku industri.

BERITA TERKAIT

Afiliasi kedua asosiasi ini pun akan bisa mewujudkan transfer teknologi antara produk dalam negeri dengan pabrikan Alpalhankam yang mereka ageni di luar negeri.

Connie memaparkan bahwa saat ini, Industri Pertahanan Swasta Nasional bersama BUMN memang sudah bisa memenuhi kebutuhan beberapa Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) pengguna di dalam negeri seperti TNI dan Polri. Namun tetap masih ada kendala yang dihadapi pelaku industri pertahanan yaitu esulitan modal usaha.

Connie menjelaskan kesulitan itu karena mahalnya biaya investasi teknologi tinggi yang selama ini belum bisa dijamin sepenuhnya oleh industri keuangan dalam negeri.

Oleh karena itu, adanya sinergi trilateral antara Kemhan,Pinhantanas dengan Askrindo ini, dapat membuat pelaku industri keuangan dalam negeri makin yakin ketika berbisnis dengan Industri Pertahanan Nasional.

“Kita juga sudah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding -MoU) bersama bank Himbara [Himpunan Bank Milik Negara] dan Bank Jateng. Mereka mau bertindak sebagai bridging kredit kepada anggota Pinhantanas dan Perkumpulan Pengusaha Exim Alpalhankam yang mendapat pekerjaan dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes Angkatan AU, AD, AL atau Mabes Polri,” kata Connie.

Kerja sama antara industri pertahanan nasional dan industri keuangan ini, menurut Connie, akan membantu tegaknya UU 16/2012 tentang Industri Pertahanan, khususnya soal pengadaan Alpalhankam strategis di bawah pengawasan dan persetujuan Kementerian Pertahanan.

Pengguna Alpalhankam juga diharapkan bisa semakin mantap untuk menggunakan Alpalhankam produksi Industri Pertahanan Nasional karena sudah ada jaminan tepat waktu dan tepat sasaran dari perbankan, lembaga penjamin kredit, sehingga terjamin pula kualitas produk dan layanan purna jualnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas