Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunjungan Presiden Timor Leste Hasilkan Tiga Kesepakatan Bidang Ekonomi-Sosial Budaya

Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam pertemuan bilateral Indonesia-Timor Leste telah disepakati beberapa hal, seperti perdagangan dan investasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Kunjungan Presiden Timor Leste Hasilkan Tiga Kesepakatan Bidang Ekonomi-Sosial Budaya
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Timor Leste? Presiden Timor Leste, Francisco Guterres? ke Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini menjadi negara pertama dalam kunjungannya kenegaraan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Kunjungan Presiden Timor Leste‎, Francisco Guterres‎ ‎ke Indonesia menghasilkan tiga kesepatan di bidang ekonomi dan sosial budaya.

‎Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam pertemuan bilateral Indonesia-Timor Leste telah disepakati beberapa hal, seperti perdagangan dan investasi.

Baca: Jokowi Harap Hubungan RI-Timor Leste Semakin Kokoh

"Saya menyampaikan komitmen Indonesia menjadi mitra terpercaya dalam pembangunan ekonomi di Timor Leste," ucap Jokowi di Istana Kepresiden Bogor, Kamis (28/6/2018).

‎Jokowi menjelaskan, Indonesia merupakan mitra utama perdagangan Timor Leste, dimana sembilan BUMN dan perusahaan swasta milik Warga Negara Indonesia (WNI) menjalankan roda bisnisnya di Timor Leste.

"Nilai investasi Indonesia di Timor Leste lebih dari 595 juta dolar AS, karena itu kita sepakat untuk memulai janji kesepakatan dalam perjanjian promosi dan perlindungan investasi, dan perjanjian penghindaran pengenaan pajak berganda," tutur Jokowi.

Kesepakatan kedua dari pertemuan tersebut, kata Jokowi, yaitu bekerjasama di bidang konektivitas darat maupun udara, salah satu contohnya penyelesaian pembangunan jembatan Motaain.

BERITA TERKAIT

"‎Kita juga membahas frekuensi penerbangan yang ada, bahwa setelah 10 tahun pembahasan, rute penerbangan rute Kupang-Dili dibuka. Untuk darat, Perum Damri menambah konektivitas darat dengan menjadi operato rute Kupang ke Dili," paparnya.

Baca: Trump dan Putin akan Bertemu Di Negara Ketiga pada Pertengahan Juli Mendatang

‎Kesepakatan ketiga, yaitu sosial budaya dengan bekerjasama di bidang pendidikan serta pembangunan kapasitas antar sumber daya manusia.

"Indonesia menyambut baik, keinginan besar pelajar dan mahasiswa Timor Leste untuk melanjutkan studi di Indonesia," ucap Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas