Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bagaimana ''Nasib'' Uang Rp 70 Juta Setelah Ratna Batal ke Cile? Begini Kata Pemrov DKI

Asiantoro menjelaskan, uang tak diminta kembali, lantaran batalnya keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Cile karena hal tak terduga.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Bagaimana ''Nasib'' Uang Rp 70 Juta Setelah Ratna Batal ke Cile? Begini Kata Pemrov DKI
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ratna Sarumpaet saat digiring ke Polda Metro Jaya, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jakarta Asiantoro mengatakan, uang sebesar Rp 70 juta yang sudah diberikan Pemprov DKI kepada Ratna Sarumpaet, tak perlu dikembalikan.

Awalnya uang tersebut diberikan untuk memfasilitasi Ratna Sarumpaet menghadiri '11th Women Playwrights International Conference' di Santiago, Cile, 7-12 Oktober 2018.

Baca: Kecerdasan Spiritual untuk Berkomunikasi di Zaman Katro

Asiantoro menjelaskan, uang tak diminta kembali, lantaran batalnya keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Cile karena hal tak terduga.

"Iya kan ini kan enggak sengaja, engak boleh berangakat karena ada penyelidikan hukum. (Uang) itu enggak dibalikin. Ini dianggap force majeure," kata Asiantoro saat dikonfirmasi, Jumat (5/10/2018).

Ia pun merincikan bahwa uang Rp 70 juta diberikan untuk membeli tiket pulang pergi, akomodasi, dan biaya penginapan selama tujuh hari.

"Maksimal tujuh hari, tapi kalau dia mau stay beberapa hari ya silakan saja, itu urusan dia. Kita tetap ketentuannya tujuh hari," jelasnya.

Ratna Sarumpaet melayangkan surat permohonan bantuan sponsor kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada 31 Januari 2018, dan baru disetujui pada 19 Februari 2018.

BERITA TERKAIT

Ratna Sarumpaet batal ke Cile karena diciduk polisi di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/10/2018) malam, lantaran takut melarikan diri dari kasus penyebaran berita bohong.

Ratna Sarumpaet mengaku dianiaya oleh sekelompok orang tak dikenal di Bandung, Jawa Barat. Padahal, ia menjalankan operasi plastik di RS Bina Estetika di Jakarta Selatan, dengan biaya mencapai Rp 90 juta. (*)


Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas