Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjelasan Anies Baswedan Soal Sponsor Untuk Ratna Sarumpaet Ikuti Acara Aktivis Wanita di Chile

Saat dikonfirmasi lebih lanjut Ratna mengaku keberangkatan itu disponsori oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Penjelasan Anies Baswedan Soal Sponsor Untuk Ratna Sarumpaet Ikuti Acara Aktivis Wanita di Chile
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan sambutan saat melepas Kafilah Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional XXVII di Balai Agung, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018). Anies berharap Kafilah Provinsi DKI Jakarta dapat meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVII yang akan digelar di Kota Medan dan Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 4 hingga 13 Oktober 2018 mendatang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivis Ratna Serumpaet diamankan oleh pihak kepolisian saat hendak berangkat ke Santiago, Chile, untuk menghadiri 'women playwrights international conference 2018 (WPIC) Chile 2018 di Bandara Soekarno Hatta, Kamis 4 Oktober 2018.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut Ratna mengaku keberangkatan itu disponsori oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.




Saat diminta klarifikasi dan tanggapan terkait hal tersebut melalui pesan WhatsApp, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantas mengirim scan 4 halaman dokumen informasi terkait hal tersebut.

Baca: Sebarkan Berita Hoaks Soal Gempa Dahsyat, Wanita Jatim Ini Ditangkap Polisi

"Ini informasi-nya," ujar Anies singkat melalui pesan WhatsApp, Kamis (4/10/2018) malam.

Dokumen yang dikirim berupa, surat permohon dari Ratna Sarumpaet kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi sponsor atau memfasilitasi kehadirannya dalam undangan The 11 th Women playwrights international conference 2018 di Santiago, Chile.

Tertanggal 31 Januari 2018, surat itu ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, diantarnya Ratna menjelaskan bahwa dirinya diundang dalam WPIC.

Surat Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile dibuat tanggal 11 Februari 2018. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)
Surat Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile dibuat tanggal 11 Februari 2018. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri) ()
BERITA TERKAIT

Dokumen berikutnya yang Anies yakni Letter of Invitation 'The 11 th Women playwrights international conference 2018' dan details of the Invitation untuk Ratna yang dikirim pada 17 Oktober 2017.

Dimana dalan suratnya panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Serta mengikuti berbagai kegiatan lainnya.

Surat Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile dibuat tanggal 11 Februari 2018. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)
Surat Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile dibuat tanggal 11 Februari 2018. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri) ()

Terakhir yakni ringkasan surat/disposisi.

Surat itu diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada 19 Februari 2018. Kemudian surat tersebut pada 19 Februari 2018 didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dengan isi disposisi, difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan.

Untuk diketahui, Ratna Sarumpaet diamankan oleh pihak berwajib saat hendak berangkat ke Santiago, Cile untuk menghadiri acara konferensi penulis teater wanita.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas