Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

‎Jokowi Minta Izin untuk Investor Mengelola Bahan Mentah Dipermudah

Dengan mempermudah izin bagi investor, Jokowi meyakini ini akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Willem Jonata
zoom-in ‎Jokowi Minta Izin untuk Investor Mengelola Bahan Mentah Dipermudah
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Calon Presiden nomor urut #01 Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri acara 'Festival Satu Indonesia' di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi meminta kepala daerah serta dinas terkait memudahkan perizinan kepada investor yang ingin membangun industri pengelolaan bahan mentah di daerahnya masing-masing.

Dengan mempermudah izin bagi investor, Jokowi meyakini ini akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, langkah mengangkat pertumbuhan ekonomi bisa dilakukan dengan dua hal, meningkatkan nilai investasi dan ekspor.

"Saya minta yang namanya PTSP, bupati, wali kota gubernur, kalau ada investor yang berkaitan industri apapun, tutup mata, beri izin," tegas Jokowi dalam sambutan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2019, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (12/3/2019).

Baca: Rencana Jokowi Ciptakan Program Penitipan Anak Mendapat Sambutan Positif

Jokowi menjelaskan pemerintah daerah tidak perlu bertele-tele dalam memberikan izin kepada investor yang ingin membangun industri pengelolaan bahan mentah, seperti karet, kelapa sawit, hingga batu bara.

Mempermuda yang dimaksud Jokowi bukan berati membiarkan investor tersebut mendirikan usahanya tanpa melalui prosedur yang berlaku. Ini sema-mata demi mendongkrak ekspor dan nilai investasi dipermudah.

BERITA TERKAIT

"Terpenting bukan soal tutup mata, namun dikawal. Kelemahan kita ada di sini (kawal). Kalau ada investor yang ingin mendirikan industri petrokimia, tutup mata sudah. Pastikan izin sehari selesai. Gubernur, bupati harus berani. Jangan sampai mereka menunggu berhari-hari udah enggak musim sekerang. Izin itu hitungan jam sekarang," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi tidak ingin karena izin yang berbelit para investor malah berpaling ke negara lain, seperti Vietnam.Jokowi menyebut Vietnam salah satu negara yang atraktif memudahkan para investor, seperti menggratiskan penggunaan lahan.
Jokowi meminta para kepala daerah berani menggratiskan lahan kepada para investor asalkan berorientasi pada ekspor atau substitusi impor.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas