Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Cagar Budaya Berperan Pupuk Kesadaran Jati Diri Bangsa

Hingga 10 Juni 2019 jumlah Obyek Yang Diduga sebagai Cagar Budaya sebanyak 90.076 buah yang terdaftar dan yang terverifikasi sebanyak 45.034 buah

Cagar Budaya Berperan Pupuk Kesadaran Jati Diri  Bangsa
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Sebanyak 47 makam prasejarah/waruga yang masuk dalam situs warisan cagar budaya Provinsi Sulawesi Utara yang berada di dalam area proyek pembangunan Waduk Kuwil, Minahasa Utara rusak parah, Rabu (18/7). Dari pantauan Tribun Manado, sebagian besar waruga sudah hancur dan terlihat seperti puing batuan dengan ukiran gambar dan teks Minahasa kuno, timbunan endapan tanah juga sudah mulai menutupi keutuhan dari situs bersejarah ini. (Tribun Manado 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman,  Fitra Arda mengatakan tinggalan purbakala dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional.

Tinggalan purbakala mampu melampaui batas-batas pengelompokan etnis, ras, budaya, dan agama dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan falsafah negara Pancasila.

"Hal ini menandakan jika Cagar Budaya memiliki peran penting untuk memupuk kesadaran jati diri bangsa dan mempertinggi harkat dan martabat bangsa, di tengah-tengah peradaban dunia," kata Fitra dalam pidato sambutan HUT Purbakala 106 di Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Dikatakannya, agar pelestarian Cagar Budaya kedepan dapat lebih fokus, efektif, dan efisien perlu strategi pengelolaan yang tepat.

Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, khususnya yang berkaitan dengan Strategi Kebudayaan.

"Dalam penyusunan agenda Strategis Pemajuan Kebudayaan salah satunya telah ditetapkan langkah-langkah upaya untuk meningkatkan pariwisata berbasis pemanfaatan museum, Cagar Budaya, dan obyek pemajuan kebudayaan yang mengindahkan kaidah-kiadah pelestarian," tuturnya.

Baca: 32 Bangunan Heritage di Kota Malang Jadi Cagar Budaya, Tak Boleh Diubah atau Dibongkar

Capaian registrasi cagar budaya yang telah dihimpun dalam Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya (sampai dengan 10 Juni 2019) adalah jumlah Obyek Yang Diduga sebagai Cagar Budaya (OYDCB) sebanyak 90.076 objek yang terdaftar, jumlah OYDCB yang terverifikasi sebanyak 45.034 objek.

Jumlah Rekomendasi CB sebanyak 1.518 objek, dan jumlah CB sebanyak 1.455 objek.

Berdasarkan data statistik ini menunjukan capaian jumlah Cagar Budaya yang ada masih belum seimbang dengan jumlah obyek yang didaftar.

"Salah satu faktor penyebab utama adalah masih rendahnya kuantitas dan kualitas SDM Bidang Pelestarian Cagar Budaya," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas