Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Disebut Putuskan Pilih Kalimantan Jadi Lokasi Ibu Kota Baru, Bukit Soeharto atau Gunung Mas?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru, Senin (29/7/2019).

Penulis: Daryono
Editor: Suut Amdani
zoom-in Jokowi Disebut Putuskan Pilih Kalimantan Jadi Lokasi Ibu Kota Baru, Bukit Soeharto atau Gunung Mas?
TRIBUN/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo bersiap melakukan sesi wawancara bersama Tribunnews.com di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru, Senin (29/7/2019). 

Mengutip Kompas.com, kabar itu disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

"Iya, nanti diumumkan (perpindahan ibu kota negara)," kata Bambang di acara Penyusunan Langkah Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Jawa-Bali 2020-2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin, (29/7/2019).




Namun, pihaknya enggan menyebut provinsi mana di Pulau Kalimantan uang bakal dipilih presiden sebagai ibu kota baru.

"Pulaunya Kalimantan, provinsinya, nanti (menyusul)," ujar Bambang.

Bukit Soeharto atau Gunung Mas? Ini Keunggulan Masing-masing

Berdasarkan catatan Tribunnews.com, pada awal Mei lalu, Jokowi telah mengunjungi lokasi-lokasi yang dianggap layak untuk dijadikan lokasi baru ibu kota negara. 

BERITA TERKAIT

Dua lokasi yang dikunjungi Jokowi yakni Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Baca: Warga Kalimantan Timur Bertekad Dukung Pemindahan Ibu Kota Indonesia, Dihadiri Bappenas & Kemenkeu

Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi salah satu alternatif lokasi ibu kota baru.

Jokowi mengunjungi Bukit Soeharto pada Selasa (7/5/2019).

Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019).(Biro pers setpres)
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019).(Biro pers setpres) (Biro Pers Stpres)

Seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana yang dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, Provinsi Kalimantan Timur merupakan provinsi pertama yang dikunjungi Presiden dalam melakukan peninjauan awal terkait kelayakan calon ibu kota.

Dalam kunjungan ini, Kepala Negara menjelajah kawasan Bukit Soeharto yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selama peninjauan berlangsung, Kepala Negara mendapatkan paparan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim Zairin Zain.

"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," ujar Presiden kepada wartawan saat itu. 

Baca: Diteriaki Ahok Presiden, BTP Setuju Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas