Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mabes Polri akan Bahas Siapa Pengganti Firli Sebagai Kapolda Sumatera Selatan

Mabes Polri segera memutasi Irjen Pol Firli Bahuri dari jabatannya saat ini yakni Kapolda Sumatera Selatan. Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Firli

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Mabes Polri akan Bahas Siapa Pengganti Firli Sebagai Kapolda Sumatera Selatan
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri segera memutasi Irjen Pol Firli Bahuri dari jabatannya saat ini yakni Kapolda Sumatera Selatan. Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Firli sebagai Ketua KPK Jilid V.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan melakukan mutasi tersebut sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai Ketua KPK.




"Belum tahu (kapan dimutasi, - red) ya. Pokoknya sebelum pelantikan (sebagai Ketua KPK) pasti akan ada mutasi untuk menggantikan posisi beliau," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Baca: BJ Habibie dan Kenangan Tak Mudah Dilupakan dengan Para Artis, Buat BCL Menangis Terus

Baca: Pentingnya Berkumur Setelah Makan untuk Kesehatan Mulut

Baca: Aksi John Cusack dalam Film Drive Hard, Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV Pukul 23.00 WIB

Ia menjelaskan bahwa sebelum pelantikan pimpinan lembaga antirasuah periode 2019-2023 itu, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri akan melakukan rapat untuk mencari pengganti Firli.

Lantaran pelantikan pimpinan KPK akan dilaksanakan pada Desember 2019, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu memastikan jabatan Kapolda Sumsel akan dimutasi sebelum waktu tersebut.

"Tentunya sebelum itu ya, sebelum pelantikan. Nanti Dewan Pertimbangan Jabatan Tinggi Polri akan melakukan rapat yang untuk mengganti sosok Kapolda Sumsel," kata dia.

BERITA TERKAIT

"Kan masih Desember, artinya sebelum Desember itu pasti akan ada mutasi sebagai pengganti beliau," tandas Dedi.

Sebelumnya, pemilihan Ketua dilakukan berdasarkan Musyawarah Kapoksi (Ketua Kelompok Fraksi) terhadap 5 Capim KPK terpilih.

Adapun Calon Pimpinan KPK terpilih yakni, Alexander Marwata, Firli Bahuri, Lili Pintouli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pamolango. 10 Kapoksi Fraksi di Komisi III sepakat memilih Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK.

Seperti diketahui, majunya Firli sebagai Capim KPK sempat dipenuhi pro dan kontra. Bahkan fit and proper test Firli diwarnai aksi protes sejumlah mahasiswa di Komisi III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis malam, (12/9/2019).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas