Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Dewan Pengawas KPK

Pemilihan Dewan Pengawas KPK Masih Desember 2019, Jokowi: Saya akan Pilih Orang yang Berintegritas

Presiden Jokowi akan segera merumuskan dan memilih anggota Dewan Pengawas KPK. Ia akan memilih anggota yang berintegritas

Pemilihan Dewan Pengawas KPK Masih Desember 2019, Jokowi: Saya akan Pilih Orang yang Berintegritas
Warta Kota/henry lopulalan
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Kepala Staf Kepresiden Moeldoko (kiri) dan Mensesneg Pratikno (kanan) menyampaikan keterangan terkait revisi UU KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Presiden menyatakan mendukung sejumlah poin dalam draf revisi UU KPK diantaranya kewenangan menerbitkan SP3, pembentukan Dewan Pengawas KPK dari unsur akademisi atau aktivis anti korupsi yang akan diangkat langsung oleh presiden, izin penyadapan dari dewan pengawas internal KPK serta status pegawai KPK sebagai aparatur sipil negara. 

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk mencabut Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi.

Dengan tidak adanya Perppu yang dikeluarkan presiden tersebut, otomatis Jokowi akan melaksanakan apa yang tertuang dalam UU KPK, yaitu membentuk Dewan Pengawas KPK dan menjaring orang untuk mengisi jabatan tersebut.

Dalam pembentukan Dewan Pengawas KPK, dikutip dari Kompas.com, Jokowi akan menunjuk dan memilih langsung siapa-siapa saja yang akan menjadi Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 tanpa melalui panitia seleksi (pansel).

"Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019) sore.

UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK mengatur ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh presiden melalui panitia seleksi.

Namun, ada pasal Pasal 69 A ayat (1) yang mengatur bahwa ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik.

Istana Jamin Lima Nama Calon Dewan Pengawas KPK Kredibel dan Kompeten

"Tapi percayalah yang terpilih nanti adalah Beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik," kata Jokowi.

Dilansir dari Biro Humas Sekretariat Negara, saat Jokowi menghadiri acara Konstruksi Indonesia 2019 di Indoor Hall B JI-Expo Kemayoran, Rabu (6/11/2019), Jokowi menegaskan dalam pemilihan anggota Dewan Pengawas KPK, ia akan menunjuk langsung orang yang  memiliki Integritas.

Dalam pembentukan anggota Dewan Pengawas KPK tersebut, Jokowi masih melakukan perumusan bersama tim internal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Muhammad Nur Wahid Rizqy
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...

Berita Terkait :#Dewan Pengawas KPK

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas