Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Deklarasi Pembentukan Koperasi Pariwisata RI Perkuat 11 Destinasi Wisata Prioritas

Pendirian koperasi ini merespon kebijakan pemerintah yang telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi

Deklarasi Pembentukan Koperasi Pariwisata RI Perkuat 11 Destinasi Wisata Prioritas
istimewa
Masyarakat ‘Nusantara’ dari berbagai daerah berkumpul untuk mendeklarasikan pembentukan koperasi Pariwisata Republik Indonesia (KoparRi) di Hotel Jayakarta, Jakarta, Kamis (7/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat ‘Nusantara’ dari berbagai daerah berkumpul untuk mendeklarasikan pembentukan koperasi Pariwisata Republik Indonesia (KoparRi) di Hotel Jayakarta, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Mereka bersepakat membentuk KoparRi untuk mendukung program pemerintah memajukan 11 destinasi wisata prioritas dengan lima destinasi di antaranya berkelas premium atau ‘Bali Baru’.

Pendirian koperasi ini untuk merespons kebijakan pemerintah yang telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan penghasil devisa negara.

Secara khusus, keputusan Presiden Joko Widodo yang menetapkan 11 destinasi wisata prioritas, yaitu Danau Toba (Sumut), Borobudur (Jateng), Komodo – Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Bunaken (Sulut), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung).

Yosef Tor Tulis, salah satu inisiator mengatakan, visi dan semangat kami bagaimana ikut memberdayakan masyarakat lokal di 11 destinasi wisata prioritas sehingga kue raksasa dari dana APBN maupun investasi BUMN dan BUMS mengucur deras juga ke masyarakat bawah.

"Sudah terlalu banyak kisah bagaimana masyarakat lokal menjadi penonton dari investasi berskala mercusuar di banyak daerah di negeri ini,” kata Yosef dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/11/2019).

Baca: Potret Liburan ke Labuan Bajo ala Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Nikmati Sunset Romantis

Yosef merupakan  salah seorang pimpinan paripurna Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Hadir dalam rapat pembentukan itu hadir 48 orang deklarator atau pendiri, yaitu satu orang perwakilan dari destinasi Borobudur, satu orang perwakian dari destinasi Labuan Bajo, 5 orang dari Pantai Lesung, 3 orang dari Danau Toba, tiga orang mewakili daerah destinasi di Lampung dan dua orang dari Bandung.

Selebihnya, berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang dengan beragam latar belakang profesi seperti akademisi, pengacara, bankir, wartawan, pengusaha, karyawan professional, dan praktisi koperasi

“KoparRi dirancang sebagai lokomotif yang menggerakkan sekaligus menarik gerbong ekonomi ‘orang-orang kecil’ di destinasi-destinasi wisata. Kunci pemberdayaan ekonomi rakyat ialah organisasi ekonomi rakyat yang tepat, solid, kuat. Dan, pilihannya cuma satu, yaitu koperasi. Jadi, KoparRi ini juga sebagai gerakan ideologis,” ujar Yosef yang terpilih sebagai Ketua Umum KoparRi dalam rapat perdana itu.

Baca: Suka Jadi Trendsetter, Ini Daftar Harga Baju Nagita Slavina Saat Liburan di Labuan Bajo, Terjangkau!

Halaman
1234
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas