Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Jiwasraya

Soal Skandal di Asuransi Jiwasraya, Ini Paparan Lengkap SBY

Saya mulai bertanya... apa yang terjadi? Kenapa isunya dibelokkan? Kenapa dengan cepat dan mudah menyalahkan pemerintahan saya lagi?

Soal Skandal di Asuransi Jiwasraya, Ini Paparan Lengkap SBY
Tangkap Layar YouTube KompasTV
Tangkap Layar YouTube KompasTV Kata SBY Soal Iran dan Amerika Serikat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat suara mengenai bergulirnya kasus skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Awal kasus Jiwasraya, SBY memilih tidak berkomentar.

Begitupun, ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan, permasalahan Jiwasraya sudah terjadi sejak 10 tahun lalu, SBY mengaku tak merasa terusik.

"Tesis saya, untung rugi dalam dunia bisnis bisa saja terjadi. Kalau mengetahui kondisi keuangannya tak sehat, korporat tentu segera melakukan langkah-langkah perbaikan. Bahkan ketika beberapa saat kemudian, Kementerian BUMN secara eksplisit mengatakan bahwa masalah Jiwasraya bermula di tahun 2006, saya juga tak merasa terganggu."

Baca: Terkait Penyelidikan Kasus Jiwasraya, SBY Sarankan Pemerintah Lakukan 7 Hal Ini untuk Penyelesaian

"Apalagi, di tahun 2006 dulu saya tak pernah dilapori bahwa terjadi krisis keuangan yang serius di PT. Jiwasraya," ujar SBY dalam tulisan panjangnya di Facebook berjudul "Penyelesaian kasus Jiwasraya akan Selematkan Negara dari Krisis yang Lebih Besar," yang posting pada Senin (27/1/2020).

Namun SBY mulai bertanya, ketika mulai dibangun opini, dan makin kencang, seolah tidak ada kesalahan pada masa pemerintahan sekarang ini, dan yang salah adalah pemerintahannya.

"Saya mulai bertanya... apa yang terjadi? Kenapa isunya dibelokkan? Kenapa dengan cepat dan mudah menyalahkan pemerintahan saya lagi? Padahal, saya tahu bahwa krisis besar, atau jebolnya keuangan Jiwasraya ini terjadi 3 tahun terakhir."

Baca: Jokowi Sebut Jiwasraya adalah Kasus Lama, SBY Merasa Terusik: Salahkan Saja Masa Lampau

"Karenanya, dihadapan staf dan beberapa tamu saya di rumah yang merasa tidak terima jika lagi-lagi saya yang disalahkan, saya sampaikan komentar ringan saya. Intinya, kalau memang tak satupun di negeri ini yang merasa bersalah dan tak ada pula yang mau bertanggung jawab, ya salahkan saja masa lampau," jelas SBY.

Berikut tulisan lengkap SBY soal Jiwasraya:

PENYELESAIAN KASUS JIWASRAYA AKAN SELAMATKAN NEGARA DARI KRISIS YANG LEBIH BESAR

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas