Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Persidangan Terungkap Mertua Emirsyah yang Membeli Rumah di Pondok Indah

Di persidangan terungkap mertua Emirsyah yang membeli rumah di Pondok Indah dan sertifikat atas nama mertua.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Di Persidangan Terungkap Mertua Emirsyah yang Membeli Rumah di Pondok Indah
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Sidang dugaan suap mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga saksi, masing-masing Dwiningsih Haryanti Putri, Erna Indrastuti dan Istiningdiah Sugianto alias Iis Sugianto menyatakan tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Emirsyah Satar karena transaksi jual-beli rumah adalah antara mertua Emirsyah Satar, Mia Suhodo dengan Istiningdiah Sugianto.

Demikian terungkap dalam sidang lanjutan mantan direktur utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo di pengadilan negeri Jakarta Pusat, jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020).

Pada sidang hari ini hadir tiga saksi, masing-masing Dwiningsih Haryanti Putri, agen penjualan property terkait pembelian rumah di jalan Pinang Merah II Blok SK Persil 7 dan 8, Pondok Pinang; Erna Indrastuti alias Erna Priyono, notaris/PPAT yang membuat akta jual beli; dan Istidingtiah Sugianto aIias Iis Sugianto, pemilik rumah jalan Pinang Merah II Blok SK Persil 7 dan 8, Pondok Pinang, Jakarta.

Saksi Dwiningsih Haryanti Putri sebagai agen penjualan properti menyatakan tidak kenal Emirsyah Satar namun kenal Mia Suhodo sebagai pembeli rumah milik Istiningdiah Sugianto di jalan Pinang Merah II Blok SK Persil 7 dan 8, Pondok Pinang, Jakarta.

Sedangkan Sandrina Abubakar diketahuinya adalah anak Mia Suhodo yang pernah melihat rumah tersebut sebelum dibeli Mia Suhodo.

Lebih lanjut saksi menjelaskan mengenal Mia Suhodo pada sekitar September 2011 pada saat Mia Suhodo ingin mencari rumah di sekitar Pondok Indah.

Setelah melihat sekitar 10 rumah akhirnya Mia Suhodo tertarik membeli rumah di jalan Pinang Merah II Blok SK Persil 7 dan 8, Pondok Pinang, Jakarta, milik Iis Sugianto.

BERITA REKOMENDASI

Pembelian rumah akhirnya terjadi setelah Mia Suhodo dan Iis Sugianto sepakat terkait harga jual beli sebesar 8,5 Milyar pada bulan November 2011, dan transaksi dilakukan secara cash.

Saksi mengaku mendapatkan fee sebesar 2,5% dari harga pembelian atau sekitar Rp 160 Juta.

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan klarifikasi atas pembelian rumah tersebut.

"Benar ibu ada jual tanah dan rumah ke Mia Suhodo di Pondok Pinang, Kebayoran Lama?," tanya Jaksa dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

"Iya," jawab Iis.

Iis membenarkan bahwa uang Rp 8,5 miliar itu dilunasi melalui empat kali proses pembayaran.

Seluruhnya dibayarkan secara cash menggunakan cek.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas