Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologis Sejumlah Hewan Mati Mendadak di Bekasi, Petugas Sempat Lihat Ada Kucing Sekarat

Ia menuturkan, sejumlah hewan yang ditemukan mati pertama kali ditemukan warga sekitar sekira pukul 14.00 WIB Selasa

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kronologis Sejumlah Hewan Mati Mendadak di Bekasi, Petugas Sempat Lihat Ada Kucing Sekarat
Ist
Petugas Berpakaian Anti-Virus Evakuasi sejumlah hewan peliharaan secara mendadak di Perumahan Bumi Cahaya Cikarang Residen, Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (03/03/2020) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Camat Cibarusah Muhammad Kurnaefi menjelaskan kejadian sejumlah hewan peliharaan yang mati secara mendadak di Perumahan Bumi Cahaya Cikarang Residen, Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (03/03/2020) malam.

Diketahui, peristiwa tersebut sebelumnya viral lantaran adanya foto yang menunjukkan petugas medis mengenakan pakaian anti-virus tengah sibuk melakukan evakuasi terhadap hewan yang telah mati.

Ia menuturkan, sejumlah hewan yang ditemukan mati pertama kali ditemukan warga sekitar sekira pukul 14.00 WIB Selasa (03/03/2020). Kemudian, mereka melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

Baca: Viral Petugas Kesehatan Kenakan Anti-Virus Evakuasi Hewan Mati Mendadak di Bekasi

"Kejadiannya kan itu jam 2, kita laporkan jam 3 lebih atau jam 4. Waktu kita laporkan malam langsung meluncur dari tim cepat datang ke lokasi dan membawa bangkai hewan itu," kata Kurnaefi kepada Tribunnews.com, Rabu (4/3/2020).

Ia menuturkan, seluruh hewan peliharaan yang mati mendadak ditemukan di waktu dan letak yang hampir berdekatan. Saat petugas dari dinas pertanian, peternakan dan kesehatan kabupaten Bekasi mendatangi lokasi, masih ada satu ekor kucing yang tampak hampir mati.

"Informasi dari dokter hewannya ada satu kucing yang hampir mau mati tapi belum mati, terus dikasih susu segala macem dan pagi ini sudah gerak lagi kucingnya," ungkap dia.

Dugaan sementara, kata dia, kematian hewan ternak di sekitar lokasi itu diduga keracunan zat kimia. Hingga saat ini, pihaknya masih menuggu hasil uji laboratorium dari Sucofindo.

BERITA TERKAIT

"Hari ini zat kimia yang diduga beracun itu lagi diuji laboratorium di Sucofindo. Nanti mungkin hasilnya akan diberi tahu lebih lanjut," jelas dia.

Baca: Virus Corona Pertama Kali Menginfeksi Hewan Peliharaan di Hong Kong, Diduga Tertular sang Pemilik

Atas diskresi dari pihak terkait, ia meminta warga sekitar untuk tidak memelihara hewan ternak di sekitar lokasi tersebut terlebih dahulu.

"Kami juga sudah mengupayakan dan meminta warga sekitar untuk tidak berternak dan menggembala disitu lah," tukasnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, warga Bekasi dihebohkan dengan matinya sejumlah hewan peliharaan secara mendadak di Perumahan Bumi Cahaya Cikarang Residen, Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (03/03/2020) malam.

Dalam foto yang beredar, petugas medis tampak mengenakan pakaian anti-virus tengah sibuk melakukan evakuasi terhadap hewan yang telah mati. Kejadian itu dibenarkan oleh Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman.

Dia mengatakan, kejadian tewasnya sejumlah hewan peliharaan itu terjadi sekira pukul 14.00 WIB di jalan areal blok C1 RT 3 RW 6 Ds Sindang Mulya, Cibarusah. Total ada 3 ekor kambing, 2 ekor ayam dan 1 ekor kucing yang dinyatakan tewas.

"Betul sudah ditangani dinas pertanian dan peternakan kabupaten Bekasi," kata Sukarman kepada Tribunnews.com, Rabu (4/3/2020).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas