Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soroti Video Viral Polisi Kokang Senjata, Kompolnas: Itu Perbuatan Iseng dan Gaya-Gayaan

Poengky memandang sudah tepat Propam Polda Metro Jaya melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Soroti Video Viral Polisi Kokang Senjata, Kompolnas: Itu Perbuatan Iseng dan Gaya-Gayaan
kolase tribunnews
Viral video polisi kokang senjata 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyoroti viralnya sebuah video anggota polisi Polda Metro Jaya yang melontarkan kata-kata "Pacar kamu ganteng, kaya... bisa gini? Sambil menarik kokang senjata yang dipegangnya".

Menurut Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti langkah Propam Polda Metro Jaya yang langsung memeriksa Bripda GAP, anggota unit 1 Subditgasum Direktorat Samampta Polda Metro Jaya sudah tepat.

Menurut pengakuan Bripda GAP, dia melakukan itu hanya iseng dan mengunggah di status WA tanpa mengirimkan ke siapapun atau mengunggah di media sosial.

Entah bagaimana caranya, tiba-tiba video tersebut dapat disebarluaskan di Twitter oleh sebuah akun sehingga memancing pro dan kontra netizen.

"Saya melihat perbuatan Bripda GAP sebagai perbuatan iseng dan gaya-gayaan anak muda. Apalagi baru masuk jadi polisi dan mendapat tugas pengawalan sehingga diberi kewenangan membawa senjata. Meski hanya jadi status WA, tapi orang yang melihat dapat menganggap sebagai pamer," ungkap ‎Poengky dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Oleh karena Poengky memandang sudah tepat Propam Polda Metro Jaya melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan.

Langkah kedepan, Poengky berpendapat Bripda GAP dan rekannya yang merekm perlu dibina dan diarahkan.

BERITA TERKAIT

"Karena masih muda dan baru di Kepolisian, yang bersangkutan perlu dibina dan diarahkan untuk berhati-hati menggunakan atribut-atribut Kepolisian dalam penggunaan pribadi di WA atau media sosial lainnya. Meski dimaksudkan untuk konsumsi pribadi, tetapi pada masa kini dimana kemajuan teknologi demikian pesat, kita terkadang tidak mampu mengontrol media sosial kita sendiri," tegasnya.

Dengan adanya kasus yang viral ini, Poengky menyebut seluruh anggota perlu untuk terus mengingat bahwa ketika sudah menggunakan atribut lembaga dalam hal ini Polri, tidak boleh digunakan untuk iseng, main-main, gaya-gayaan dan pamer.

Lebih lanjut dengan viralnya video di twitter, maka Bripda GAP berhak untuk melaporkan ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro. Poengky merasa adanya kritikan dari netizen pada video itu maksudnya baik agar
polisi tidak arogan.

"Ingat, di masa kemajuan teknologi ini kita semua harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Maka saya berharap kasus ini dapat diselesaikan dengan baik," imbuhnya.

Poengky menambahkan ‎reformasi Kultural Polri masih berjalan. Apa yang terjadi ini menunjukkan masih pentingnya Reformasi Kultural Polri dipahami dan dilaksanakan oleh pimpinan dan seluruh anggota Polri, yaitu agar menghilangkan arogansi, pamer, kekerasan berlebihan.

Pimpinan dan anggota Polri harus lebih menunjukkan Polri yang profesional dan humanis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas