Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SETARA Institute Harapkan Suksesor KSAL-KSAU Mampu Siapkan SDM yang Tak Berpolitik Praktis

KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji dikabarkan akan digantikan oleh Laksamana Madya Yudo Margono

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in SETARA Institute Harapkan Suksesor KSAL-KSAU Mampu Siapkan SDM yang Tak Berpolitik Praktis
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna (tengah) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti HAM dan Sektor Keamanan SETARA Institute Ikhsan Yosarie memiliki sejumlah harapan kepada penerus atau suksesor Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Diketahui, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji dikabarkan akan digantikan oleh Laksamana Madya Yudo Margono. Sementara KSAU Marsekal Yuyu Sutisna akan digantikan oleh Marsekal Madya Fadjar Prasetyo.




Pertama, Ikhsan berharap keduanya dapat melanjutkan prestasi para pendahulunya. Pun melakukan kemajuan serta perbaikan atas apa yang telah dicapai Siwi dan Yuyu.

"Keduanya (Yudo dan Fadjar) tentu kita harap dapat melanjutkan pelbagai perbaikan, kemajuan, dan prestasi para pendahulunya," ujar Ikhsan, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (20/5/2020).

Selain itu, Ikhsan mengharapkan keduanya mampu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di masing-masing angkatan yang profesional, tangguh, modern, dan terpercaya. Serta mampu menjaga kedaulatan NKRI, terutama di wilayah laut dan udara.

Dia juga meminta agar SDM tersebut tidak berpolitik praktis ataupun berbisnis nantinya dan bersikap profesional sesuai yang tercantum dalam Undang-Undang TNI.

BERITA TERKAIT

"Serta dalam konteks negara demokrasi, KSAL dan KSAU baru ini kita harap mampu menyiapkan SDM yang tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, memahami prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, sesuai definisi tentara Profesional di UU TNI," kata dia m

"Terlebih dalam tahun ini, jika tidak mengalami penundaan lantaran pandemi Covid-19 maka gelaran Pilkada akan dilaksanakan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), pada Rabu esok (20/5/2020).

Adapun yang akan dilantik yakni Laksamana Madya Yudo Margono menggantikan Laksamana Siwi Sukma Aji yang akan memasuki masa pensiun.

Sementara Marsekal Madya Fadjar Prasetyo akan dilantik menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang juga akan memasuki masa pensiun.

"Iya betul besok akan dilantik," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa, (19/5/2020).

Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 09.00 WIB.

Yudo saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Yudo juga sempat menjabat sebagai Panglima Komando Armada I.

Sementara itu, Fadjar Prasetyo saat ini menjabat Pangkogabwilhan II. Sebelumnya ia menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I.

Baik Laksamana Madya Yudo maupun Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sama-sama merupakan angkatan 1988 di almamaternya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas