Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Helikopter TNI Jatuh di Kendal

Prajurit TNI AD Korban Kecelakaan Helikoper MI 17 Alami Luka Bakar 60 Persen, Ini Upaya RSPAD

Tim dokter RSPAD Gatot Soebroto berencana merekonstruksi kulit Praka Supriyanto korban kecelakaan helikopter MI 17 di Kendal, Jawa Tengah.

Prajurit TNI AD Korban Kecelakaan Helikoper MI 17 Alami Luka Bakar 60 Persen, Ini Upaya RSPAD
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Petugas mengevakuasi bangkai Helikopter MI-17 milik TNI AD dengan nomor registrasi HA 5141 yang jatuh dan terbakar di lahan kosong sekitar proyek Kawasan Industri Kendal (KIK), Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020) siang. Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 13.40 WIB tersebut menyebabkan empat orang crew meninggal dunia dan lima lainnya luka-luka. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Tribun Jateng/Saiful Ma'sum 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim dokter RSPAD Gatot Soebroto berencana merekonstruksi kulit Praka Supriyanto korban kecelakaan helikopter MI 17 di Kendal, Jawa Tengah.

Diketahui prajurit TNI AD tersebut menderita luka bakar 60 persen pada derajat dua dan tiga.

Dokter rekonstruksi bedah plastik RSPAD Gatot Soebroto, dr Guntoro, mengatakan rencana tersebut akan dilakukan jika Praka Supriyanto berhasil melewati masa kritisnya.

Tidak hanya itu, tim dokter RSPAD Gatot Soebroto juga akan memastikan agar luka bakar yang diderita Praka Supriyanto tidak mengalami infeksi.

Baca: Asetnya Mencapai Rp 1,4 Triliun, Nikita Mirzani Beli Sepeda Seharga Rp 88 Juta untuk Putrinya

Hal tersebut disampaikan Guntoro dalam tayangan TNI AD 60" yang diunggah lewat akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, Selasa (16/6/2020).

"Penanganan kita memang secara sistemis seluruh badan. Pertama menggantikan replacement kulit dari pasisen. Kedua mencegah infeksi. Kemudian nantinya bagaimana menggantikan kulit yang 60 persen rusak. Jadi kalau pasien ini berhasil survive melewati masa kritis, kita harus menggantikan kulitnya yang rusak," kata Guntoro.

Sementara itu, Kepala Instalasi Anestesi RSPAD Gatot Soebroto dr Hasyim mengatakan timnya telah memperkirakan Praka Soepriyanto akan rentan mengalami shock selama proses evakuasi dari RSUP dr Kariadi Semarang ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Baca: Pemuda Jaya Optimis Liga 3 DKI Jakarta Tetap Bergulir

Karenanya dalam proses perjalanan tersebut timnya memberikan obat-obatan agar Praka Supriyanto tidak mengalami shock.

Hasyim mengatakan kondisi Praka Supriyanto di RSPAD Gatot Soebroto relatif stabil baik saat proses evakuasi sampai dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit RSPAD Gatot Soebroto.

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas