Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD akan Serahkan 12 Nama Calon Anggota Kompolnas 2020-2024 ke Jokowi

"Mereka ini sudah melalui lima jenis seleksi, administrasi, tertulis, assesment, kesehatan, wawancara," katanya

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Mahfud MD akan Serahkan 12 Nama Calon Anggota Kompolnas 2020-2024 ke Jokowi
Tribunnews/Jeprima
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly (depan, kanan) bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD (depan, kiri) menggelar konferensi pers terkait ekstradisi buronan pembobol kredit Bank BNI sebesar 1,2 triliun, Maria Pauline Lumowa, di Ruang VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020). Maria Pauline Lumowa diekstradisi dari Serbia oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) usai ditangkap setelah 17 tahun menjadi buron terkait kasus pembobolan kredit Bank BNI sebesar 1,2 triliun. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menkopolhukam Mahfud MD akan menyerahkan 12 nama calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang terdiri dari unsur kepolisian dan tokoh masyarakat ke Presiden Joko Widodo.

Calon anggota Kompolnas yang berasal dari unsur Kepolisian adalah Benny Mamoto, Eko Hadi Sutedjo, Pudji Hartanto Iskandar, Supardi Hamid, Albertus Wahyurudhanto, dan Arief Wicaksono Sudi Utomo.

Baca: Kompolnas Yakin Polri Mampu Disiplinkan Masyarakat Selama New Normal

Sementara calon dari unsur masyarakat yaitu Sri Nurherawati, Yosep Adi Prasetyo, Yusuf, Junaedi Saibih, Muhammad Dawam dan Poengky Indarti.

Dari dua belas nama calon Kompolnas yang diajukan ke Presiden, nantinya akan dipilih tiga orang dari unsur Kepolisian dan tiga orang dari tokoh masyrakat sebagai Anggota Komisi Kepolisian Nasional periode 2020-2024.

"Mereka ini sudah melalui lima jenis seleksi, administrasi, tertulis, assesment, kesehatan, wawancara. Sehingga nanti diharapkan bisa membantu Presiden melalui Menko Polhukam untuk mempercepat dan memperbaiki lagi kinerja kepolisian,” kata Mahfud dalam keterangan yang diterima dari Tim Media Menko Polhukam pada Jumat (17/7/2020).

Mahfud mengatakan pemilihan calon anggota Kompolnas dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena sebelumnya telah membentuk tim seleksi.

BERITA TERKAIT

Tim penyeleksi tersebut diketuai oleh Suparman Marzuki, Komjen Pol Purn Moechgiyarto sebagai Wakil Ketua, Titik Haryati, Irjen Pol Carlo Tewu, Eddy OS Hiariej, Muhammad Mustofa, Khasan Effendy, Irjen Pol Purn Ronny Lihawa, dan Irjen Pol Purn Ansyaad Mbai.

"Tim seleksi ini orang-orang yang kredibel semua, kami percaya mereka menyeleksi dengan baik dan obyektif," kata Mahfud.

Baca: Kompolnas Minta Polres Kepulauan Sula Tak Melihat Sempit Guyonan Gus Dur

Mahfud menjelaskan pergantian komisioneer Kompolnas seharusnya sudah dilakukan sejak Mei lalu, namun tertunda karena Covid-19.

“Tapi karena ada pandemi jadi agak ditunda sedikit, meskipun sebenarnya sudah disiapkan jauh sebelum pandemi, bahkan anggota Kompolnas yang lama juga sudah menghadap Presiden untuk memberikan laporan akhir tugas,” kata Mahfud.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas