Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pembubaran Lembaga Negara

Minta Pemerintah Lakukan Kajian Strategis Sebelum Bubarkan 13 Lembaga 

pemerintah tentu lebih memahami tentang efisiensi anggaran dan efektifitas kinerja lembaga yang akan dibubarkan.

Minta Pemerintah Lakukan Kajian Strategis Sebelum Bubarkan 13 Lembaga 
Istimewa via Tribun Timur
Anggota DPR RI Supriansa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Golkar Supriansa meminta pemerintah melakukan kajian strategis sebelum mewujudkan rencana pembubaran 13 lembaga pada akhir Agustus 2020. 

Diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkap pemerintah berencana membubarkan 11 hingga 13 lembaga, badan, dan komite. 

"Saya berharap pemerintah Indonesia melakukan kajian strategis dalam pembubaran lembaga-lembaga tersebut. Kajian boleh dengan pendekatan yuridis formal administratif atau pendekatan kajian anggaran," ujar Supriansa, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (12/8/2020). 

Di sisi lain, Supriansa mengatakan tak mempermasalahkan apabila memang pemerintah membubarkan lembaga-lembaga tersebut. 

Baca: Pemerintah Kembali Bubarkan 13 Lembaga Negara Akhir Agustus Ini

Karena, kata dia, pemerintah tentu lebih memahami tentang efisiensi anggaran dan efektifitas kinerja lembaga yang akan dibubarkan. 

"Jika pemerintah anggap layak untuk di hapus ya saya kira perlu diatensi. Apalagi situasi pandemi Covid-19 yang belum memberikan tanda-tanda penurunan, maka tentu pemerintah kewalahan soal cash flow," kata dia. 

"Secara pribadi saya memberi apresiasi kepada bapak Presiden yang telah membubarkan lembaga itu tentu dengan kajian yang sangat teliti," imbuh Supriansa

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pada akhir Agustus ini, pemerintah berencana membubarkan 11 hingga 13 lembaga, badan, dan komite.

Pembubaran ini menyusul langkah pemerintah sebelumnya yang telah membubarkan 18 lembaga.

"Nanti insya Allah akhir bulan ini akan ada 11 sampai 13 (lembaga, badan, instansi) dibubarkan," ujar Tjahjo dalam webinar reformasi birokrasi yang ditayangkan di YouTube Kemenpan RB pada Selasa (11/8/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas