Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang HUT Ke-75 TNI, KSAL Inspeksi Kesiapan Operasional Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357

Dari atas KRI Bung Tomo-357, Yudo meninjau langsung manuver-manuver unsur KRI dan pesawat udara di perairan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jelang HUT Ke-75 TNI, KSAL Inspeksi Kesiapan Operasional Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357
istimewa
Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi kesiapan unsur-unsur Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357 pada Kamis (1/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan inspeksi kesiapan unsur-unsur Koarmada I dari KRI Bung Tomo-357 pada Kamis (1/10/2020).

Dari atas KRI Bung Tomo-357, Yudo meninjau langsung manuver-manuver unsur KRI dan pesawat udara di perairan Teluk Jakarta dan Laut Jawa.

Sejumlah manuver lapangan tersebut antara lain KRI Bung Tomo-357, KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Wiratno-379, KRI Halasan-630, KRI Kerambit-627, KRI Tenggiri-865, KRI Cucut-866 dan heli Panther HS-4209 dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal).

Baca: Rekam Jejak Gatot Nurmantyo, Mantan Panglima TNI yang jadi Deklarator KAMI

Manuver latihan yang dilaksanakan tersebut merupakan wujud uji kesiapan operasional personel pengawak dan Alutsista KRI dan Pesawat Udara dalam melaksanakan uji interoperabilitas, fungsi dan komando pengendalian untuk melaksanakan tugas operasi laut yang lebih kompleks.

Yudo berharap agar semangat prajurit untuk melaksanakan latihan dan operasi pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini harus tetap dipelihara dan tidak boleh menurun.

"Latihan dan operasi tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dan selalu tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah, karena tugas ini merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban kita kepada bangsa dan negara," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Kamis (1/10/2020).

Baca: Kementan Gandeng TNI AD untuk Perkokoh Kesiapan Penyediaan Pangan

BERITA REKOMENDASI

Kedatangan Yudo dalam kesempatan itu disambut langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K dan Panglima Komando Lintas laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi.

Inspeksi tersebut merupakan salah satu upaya untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
Hal itu karena kesiapan KRI merupakan faktor utama TNI AL dalam mengemban tugas menegakkan kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi Indonesia.

Inspeksi tersebut juga dilakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat profesionalisme para ABK KRI dalam menjaga dan memelihara Alutsista.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas