Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaringan Pengedar Narkoba Indonesia-Malaysia Incar Pelanggan Hiburan Malam di Kepri

Para tersangka memasarkan narkoba itu dengan cara sistem bayar di tempat di setiap hiburan malam yang didatangi.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jaringan Pengedar Narkoba Indonesia-Malaysia Incar Pelanggan Hiburan Malam di Kepri
Tangkapan Layar Youtube Kompas TV
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi meringkus pengedar narkoba jaringan internasional Indonesia-Malaysia. Para pelaku diduga akan mengedarkan barang haram tersebut di kawasan hiburan malam sekitar Kepulauan Riau.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, para tersangka memasarkan narkoba itu dengan cara sistem bayar di tempat di setiap hiburan malam yang didatangi.

"Keterangan tersangka itu diedarkan di tempat hiburan di Kepri sana. Sistemnya cash and carry, bertemu atau diedarkan di tempat hiburan di Batam," kata Argo di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Argo mengatakan, Polri telah terlebih dahulu mengendus adanya peredaran narkoba itu dan menangkap para pelaku.

Dia bilang, sekitar 30 ribu orang terselamatkan terkait peredaran narkoba tersebut. "Penangkapan ini bisa kita selamatkan 30 ribu orang yang bebas tidak terkena bahaya narkotika," ujarnya.

Baca juga: Pengedar Narkoba Jaringan Internasional Indonesia-Malaysia Berniat Jualan di Tempat Hiburan Malam

Kasus itu terungkap berdasarkan kerjasama dengan Bea dan Cukai. Pengungkapan kasus tersebut dimulai saat tim Bareskrim Polri menerima adanya peredaran narkoba yang masuk lewat Batam pada akhir Desember 2020 lalu.

Baca juga: Kejar WN Malaysia Bos Pengedar Narkoba, Polri Koordinasi Dengan PDRM

Petugas pun menggelar penyelidikan terkait kasus tersebut.

BERITA TERKAIT

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan pihaknya mengantongi lokasi yang diduga menjadi peredaran narkoba jaringan tersebut di Tanjung Umma, Lubuk Baja, Kota Batam.

Dijelaskan Argo, tim pun akhirnya melakukan pengintaian terhadap sebuah mobil daihatsu Sigra berwarna hitam di sekitar lokasi itu pada 21 Januari 2021.

Total ada 6 petugas yang membuntuti kendaraan itu dengan sepeda motor.

"Kita membuntuti sebuah mobil merk Daihatsu hitam nomor polisi BP 1249 AR di Tanjung Umma Lubuk Baja, Kota Batam. Anggota ini naik motor, 3 motor. Jadi ada enam orang petugas berboncengan," kata Argo.

Argo menerangkan petugas pun berhasil menangkap pelaku tersebut usai dilakukan pengejaran. Pasalnya, pelaku sempat melarikan diri memasuki gang-gang kecil di daerah tersebut.

Dua orang pertama yang ditangkap adalah SK alias Sefri dan MNS alias Nofri. Salah satu pelaku pun harus ditembak ditimah panas di bagian kaki setelah berusaha melarikan diri.

"Mobil tersebut tahu kalau dibuntuti, mereka masuk gang-gang dan melakukan kecepatan yang tidak biasa. Anggota semakin curiga, karena anggota menguasai daerah bisa dihentikan," ungkapnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas