Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Politisi NasDem Angkat Suara Soal Survei Microsoft 

Farhan menilai semua pihak harus turun tangan membenahi diri sendiri dalam bergaul di dunia digital. 

Politisi NasDem Angkat Suara Soal Survei Microsoft 
Istimewa
Muhammad Farhan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Microsoft terkait tingkat kesopanan digital dari pengguna internet dunia saat berkomunikasi di dunia maya menunjukkan bahwa warganet Indonesia paling tidak sopan di Asia Tenggara. 

Terkait hal itu, anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan mengatakan kepatutan dan kepantasan berbahasa serta bersikap di dunia digital memang diperlukan. 

"Survei ini menunjukan bahwa memang masalah utama dalam bergaul di dunia digital adalah kepatutan dan kepantasan berbahasa dan bersikap," ujar Farhan, ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Airlangga Hartarto: Microsoft Resmi Membangun Pusat Data Regional di Indonesia

Farhan menilai semua pihak harus turun tangan membenahi diri sendiri dalam bergaul di dunia digital. 

Sebab, kata dia, kini dunia digital adalah realme atau dunia baru dalam kehidupan sosial saat ini di seluruh dunia, tak hanya di Indonesia saja. 

"Secara hukum dan regulasi pun, kita harus kritis dan terus menerus melakukan review atau tinjauan ulang kepada semua aturan hukum di seputar dunia telematika," kata Farhan

Sebelumnya diberitakan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komputer di AS, Microsoft, melaporkan hasil studi tahunannya, "Civility, Safety, and Interactions Online 2020". Hasil ini dirilis bersamaan dengan temuan dari Digital Civility Index ( DCI) 2020.

Studi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesopanan digital dari pengguna internet dunia saat berkomunikasi di dunia maya.

Mengutip Kompas.com (26/2/2021), studi ini dilakukan dengan metode survei yang melibatkan 16.000 responden di 32 wilayah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas