Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Genjot Produktivitas, Kementan Berikan Petani Lampung Alsintan

Pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian itu dimaksudkan untuk menggenjot produktivitas pertanian di Lampung.

Genjot Produktivitas, Kementan Berikan Petani Lampung Alsintan
dok. Kementan
Pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian itu dimaksudkan untuk menggenjot produktivitas pertanian di Lampung. 

TRIBUNNEWS.COM - Petani di Lampung dapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan). Alsintan yang diberikan berupa alat kontraktor dan alat potong padi. Pemberian bantuan alsintan itu dimaksudkan untuk menggenjot produktivitas pertanian di Lampung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, alsintan merupakan alat bantu untuk meningkatkan efektivitas kinerja petani di sawah. Dengan alsintan diharapkan tugas-tugas petani yang memerlukan waktu cukup lama dapat dipangkas.

"Alsintan ini dalam rangka melakukan percepatan saat musim panen serentak di semua daerah," kata Mentan SYL. Ia berharap alsintan dapat membantu seluruh kegiatan pertanian dan meningkatkan produktivitas mulai dari proses tanam, panen, hingga pengelolaan hasil panen.

Mentan SYL juga meminta Brigade Alsintan untuk mengelola alsintan. Pasalnya, pengelolaan secara pribadi dinilai kurang efisien. “Selain memberikan pendapatan, alsintan juga bakal lebih terawat dan siapa pun bisa menggunakannya,” kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy menuturkan, pada tahun ini telah menyiapkan berbagai macam alsintan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Tak hanya untuk pèrtanian, bantuan alsintan itu juga nantinya didistribusikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

"Alsintan yang sudah disiapkan di antaranya adalah Cultivator, Hand Sprayer, Pompa Air, Rice Transplanter, Traktor Roda Dua, Traktor Roda Empat," papar Sarwo Edhy. Menurut Sarwo Edhy, penggunaan alsintan sebagai satu tanda bahwa pertanian Indonesia telah memasuki fase pemanfaatan mekanisasi dan teknologi.

"Ciri pertanian modern itu memanfaatkan mekanisasi dan teknologi. Semua ini berdasarkan cita-cita Pak Mentan SYL yang menginginkan pertanian pertanian kita maju, mandiri dan modern," ujar Sarwo Edhy.

Selain memanfaatkan teknologi dan mekanisasi seperti alsintan, Sarwo Edhy menjelaskan ciri petani modern adalah terbuka untuk inovasi di bidang pertanian. "Tujuannya tentu untuk meningkatkan produktivitas dengan losses yang seminimal mungkin," terang Sarwo Edhy.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lampung Tengah, Supardi mengatakan, alsintan akan membantu petani, khusudnya kelompoknya dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas sektor pertanian di Provinsi Lampung.

"Tentu alsintan ini memberi manfaat positif untuk pertanian Lampung. Alsintan ini tentu mambantu para petani untuk mengelola hasil panen," kata Supardi.(*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas