Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kejar Herd Immunity, Airlangga: Realisasi Vaksinasi Sudah 24,9 Juta Jiwa

Untuk mencapai Herd Immunity, 70 persen penduduk Indonesia harus mendapatkan vaksin Covid-19 atau setara 181,5 juta jiwa.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
zoom-in Kejar Herd Immunity, Airlangga: Realisasi Vaksinasi Sudah 24,9 Juta Jiwa
Tribunnews/Herudin
Suasana pusat vaksinasi Covid-19 bagi pekerja ritel di GOR Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (24/5/2021). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) ambil bagian dari vaksinasi pekerja ritel sebanyak 150 ribu orang, yang terbagi menjadi dua yaitu 60.000 karyawan ritel di bawah naungan Aprindo yang bekerja pada 5 (lima) wilayah DKI Jakarta dan 90.000 untuk masyarakat sasaran pemerintah dan khususnya juga para pelaku UMKM dari lima wilayah DKI Jakarta. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mempercepat pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 agar segera tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

Untuk mencapai Herd Immunity, 70 persen penduduk Indonesia harus mendapatkan vaksin Covid-19 atau setara 181,5 juta jiwa.

Dalam menjalankan program vaksinasi kepada 181,5 juta jiwa, pemerintah membagi ke dalam beberapa tahap.

Baca juga: 8 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Airlangga: Masyarakat Tidak Perlu Ragu

Untuk tahap pertama pemerintah menargetkan 40 juta jiwa mendapatkan vaksin Covid-19.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa dari 40 juta target vaksinasi tahap pertama sudah terealisasi sebesar 24,9 juta.

"Dari 40 juta tahap pertama, realisasinya, 24,9 juta," kata Airlangga saat menyambut kedatangan 8 Juta Vaksin Sinovac di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Airlangga Hartarto: Momentum Pandemi untuk Dorong Transformasi Ekonomi Digital

BERITA TERKAIT

Adapun rinciannya kata Airlangga yakni tenaga kesehatan yang telah menerima dosis pertama sebanyak 1,5 juta dan yang telah menerima dosis kedua 1,4 juta, Lansia yang telah menerima dosis pertama 3.1 juta, dan dosis kedua 2, juta, petugas publik yang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama 10,4 juta dan dosis ke dua sebanyak 6,5 juta orang.

"Pelaksanaanya tentu kita terus percepat, tentunya beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah aspek kedaerahan atau geospasial, berdasarkan basis, baik itu zona merah, orange, dan kegiatan perekonomian," katanya.

Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca kepada pekerja ritel di GOR Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (24/5/2021). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) ambil bagian dari vaksinasi pekerja ritel sebanyak 150 ribu orang, yang terbagi menjadi dua yaitu 60.000 karyawan ritel di bawah naungan Aprindo yang bekerja pada 5 (lima) wilayah DKI Jakarta dan 90.000 untuk masyarakat sasaran pemerintah dan khususnya juga para pelaku UMKM dari lima wilayah DKI Jakarta. Tribunnews/Herudin
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca kepada pekerja ritel di GOR Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (24/5/2021). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) ambil bagian dari vaksinasi pekerja ritel sebanyak 150 ribu orang, yang terbagi menjadi dua yaitu 60.000 karyawan ritel di bawah naungan Aprindo yang bekerja pada 5 (lima) wilayah DKI Jakarta dan 90.000 untuk masyarakat sasaran pemerintah dan khususnya juga para pelaku UMKM dari lima wilayah DKI Jakarta. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Meski program vaksinasi sudah berjalan, Airlangga meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam memakai masker. Menurut dia protokol kesehatan merupakan kunci sukses dalam menghadapi pandemi selain melalui vaksinasi dan upaya tracing, testing, dan treatmen.

"Mohon dukungan dari masyarakat agar terus menjalankan protokol kesehatan dan agar masyarakat juga bisa mengikuti dan melaksanakan vaksinasi, dan ini diharapkan agar seluruh partisipasi masyarakat sangat dinantikan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas