Tribun

Kemensos Beri Penjelasan soal Risma Ancam Pindahkan Pegawai: Upaya untuk Melecut Semangat

Klarifikasi Kementerian Sosial oleh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Raden Harry Hikmat, sebut Risma hanya berupaya meningkatkan empati pegawai

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Kemensos Beri Penjelasan soal Risma Ancam Pindahkan Pegawai: Upaya untuk Melecut Semangat
Istimewa
Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial, Raden Harry Hikmat, mengklarifikasi pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang viral karena marah-marah di dapur umum Balai Sosial Wyata Guna Bandung, (Selasa, 13/7/2021).

Harry menyebut, Risma hanya berupaya meningkatkan empati pegawainya terhadap kondisi terkini masyarakat. 

Mengutip Tribunnews.com, Rabu (14/7/2021), menurut Harry, soal Risma yang akan melakukan pemindahan pegawai yang tidak bisa kerja ke Papua, itu hanyalah upaya Risma untuk melecut semangat jajaran Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI. 

Sehingga, para pegawai dapat lebih peka dan lebih fokus melayani masyarakat di masa kedaruratan seperti saat ini. 

Tak hanya itu, hal ini dilakukan Risma juga untuk memotivasi jajaran Kementerian Sosial agar berani bekerja dengan keluar dari zona nyaman.

Baca juga: PROFIL Tri Rismaharini, Pernah Jadi Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia

Baca juga: Mensos Risma Dihujani Kritik setelah Ancam Pindahkan ASN ke Papua, Veronica Koman Ngaku Tak Kaget

"Seluruh pegawai harus mampu keluar dari zona nyaman, meninggalkan keluarga dan kenyamanan rutinitas yang dialami sehari-hari, untuk berperan mengatasi masalah sosial dari Aceh sampai Papua."

"Itulah yang dimaksudkan dengan pernyataan akan dipindahkan ke Papua, tempat yang paling jauh (dari Bandung) tapi masih di Indonesia," kata Harry, Rabu (14/7/2021).

Melalui teguran itu, Harry berharap jajaran Kemensos segera terjun langsung ke Papua untuk memberikan bantuan, selepas masa PPKM Darurat berakhir. 

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, naik pitam dan memarahi seluruh pegawai Balai Disabilitas Wyata Guna Bandung, Selasa (13/7/2021).
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, naik pitam dan memarahi seluruh pegawai Balai Disabilitas Wyata Guna Bandung, Selasa (13/7/2021). (KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA)

"Kami berharap jajaran kami dapat terjun langsung ke daerah-daerah di Papua pasca-PPKM Darurat ini," tutur Harry. 

Menurut Harry, selama ini Kementerian Sosial telah hadir dalam situasi tanggap darurat dalam pemberdayaan sosial dan penanganan pasca-bencana, sebagaimana dilakukan di beberapa wilayah di Papua. 

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas