Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paspampres Jadi Imam Salat Idul Adha Presiden Jokowi di Istana Bogor, Kurban 35 Ekor Sapi

Anies Baswedan berkurban sapi di Jakarta, Yogyakarta dan juga di kediaman orangtuanya di Kuningan, Jawa Barat.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Paspampres Jadi Imam Salat Idul Adha Presiden Jokowi di Istana Bogor, Kurban 35 Ekor Sapi
Foto: Instagram Jokowi
Presiden Joko Widodo menunaikan ibadah salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, (20/7/2021). Presiden Salat berjamaah di halaman Istana bersama sejumlah perangkat kepresidenan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021) pagi bersama sejumlah perangkat kepresidenan.

"Saya melaksanakan salat Idul Adha pagi ini di halaman Istana Kepresidenan Bogor dengan jemaah terbatas. Yang bertindak sebagai muazin, imam, dan khatib adalah anggota Paspampres," kata Jokowi, melalui akun instagram @Jokowi.

Meskipun jumlah jemaah sangat terbatas, namun kata Presiden salat berlangsung lancar.

"Seperti kata sang khatib, semua cobaan dapat kita lalui dengan baik manakala dihadapi dengan sabar. Sabar berkorban menjalankan ajaran Islam dan melepaskan egoisme untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT," kata Jokowi.

Dalam peringatan Iduladha kali ini, Jokowi menyerahkan 35 ekor sapi ke seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari satu ekor sapi ke Masjid Istiqlal dan 34 lainnya ke seluruh provinsi di Indonesia, masing-masing satu ekor sapi.

Baca juga: 50 Persen Masjid di Jakarta Pusat Tetap Gelar Salat Idul Adha

Untuk hewan kurban yang diserahkan ke Masjid Istiqlal, berjenis Sapi Limosin Cross dengan bobot 1.199 kilogram.

Presiden Jokowi menyalurkan seekor sapi jenis Limosin seberat 1,19 ton ke Masjid Istiqal dalam rangka Hari Rya Iduladha 1442 H.
Presiden Jokowi menyerahkan seekor sapi jenis limosin seberat 1,19 ton sebagai hewan kurban ke takmir Masjid Istiqal di Hari Raya Idul Adha 1442 H ini.

Peringatan Iduladha kali ini kata Jokowi menjadi momentum untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriah dan juga batiniah dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Baca juga: Momen Roket Mendarat di Dekat Kediaman Presiden Afghanistan saat Salat Idul Adha

BERITA TERKAIT

"Kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Anggota Paspampres Jadi Imam

Dalam menghadapi kondisi yang terjadi sekarang ini, Jokowi mengajak umat muslim untuk memetik hikmah dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS dengan bertakbir bersama di rumah masing-masing dan berdoa agar pandemi Covid-19 cepat berakhir.

"Mari kita bersama-sama memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, memohon kesembuhan saudara-saudara kita yang sedang sakit, memberikan kekuatan kepada saudara-saudara kita yang sedang melakukan tugas-tugas kemanusiaan," katanya.

Presiden berharap dengan takbir dan doa dari seluruh umat semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua dalam menghadapi segala ujian dan cobaan.

"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita, sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid 19 ini. Amin, Amin ya robbal alamin. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah wallahu akbar, Allahu Akbar Walillah Ilham," sebut Presiden.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan salat Idul Adha di rumah dinasnya. Pelaksanaan salat dilakukan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan salat ini dilakukan bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta perangkat Paspampres terbatas. Bertindak sebagai Khatib usai pelaksanaan salat Idul Adha yaitu

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas