Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Deputi KSP: PON Papua Momentum Pemerataan Pembangunan di Bumi Cendrawasih

Event olahraga diklaim bisa meningkatkan geliat infrastruktur di daerah seperti hotel, transportasi, dan fasilitas olahraga.

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Deputi KSP: PON Papua Momentum Pemerataan Pembangunan di Bumi Cendrawasih
HO/Dok. BKIP Kemenhub
Sejumlah microbus disiapkan untuk gelaran PON XX Papua untuk mengangkut para atlet dan tim official di tiga tempat yaitu di Jayapura, Timika dan Merauke. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani bicara soal bagaimana Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Oktober 2021 mendatang sebagai momentum pemerataan pembangunan di Bumi Cendrawasih.

Hal itu dikatakannya dalam webinar kebangsaan bertajuk Penyelenggaraan PON Papua dan Semangat Bangkit dari Pandemi’ yang diselenggarakan Rumah Perdamaian Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Jaleswari menyebut event olahraga bisa meningkatkan geliat infrastruktur di daerah seperti hotel, transportasi, dan fasilitas olahraga.

"PON 20 juga melibatkan atlet disabilitas yang merupakan simbol Indonesia ramah terhadap penyandang disabilitas," katanya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Tim Karate Jawa Barat Optimis Pertahankan Gelar Juara, Bidik 4 Emas di PON XX Papua 2021

Ia menyebut Papua merupakan penghasil atlet dengan semangat dan bakat yang luar biasa, seperti Boaz Solossa yang menjadi inspirasi anak muda.

“Ini merupakan kehormatan bagi Papua untuk menjadi momentum meningkatkan prestasi di kancah nasional dan Internasional, momentum mempercepat vaksinasi nasional, perhatian besar dari pemerintah pusat untuk kesuksesan PON Papua merupakan hal yang terus di apresiasi,” kata Jaleswari.

BERITA TERKAIT

 Ketua Rumah Perdamaian UI Muhammad Sya’roni Rofii mengatakan, penyelenggaraan PON di ujung timur Indonesia menjadi bukti komitmen pemerintah membangun seluruh penjuru Indonesia, tak terkecuali Papua.

Baca juga: DKI Jakarta Targetkan Raih 25 Persen dari Total Medali Emas di PON XX Papua

“Ada persepsi di publik Papua mereka terpinggirkan dari agenda pembangunan pemerintah pusat. Faktanya pemerintah sedang berusaha membangun secara terencana tanpa membeda-bedakan daerah,” kata dia.

Baca juga: 735 Atlet DKI Jakarta Sudah Siap Berlaga Di PON XX Papua 2021

Menurutnya, penyelenggaraan PON di Papua jadi upaya untuk bangkit dari pandemi. Sebab, selama dua tahun terakhir bangsa Indonesia diselimuti oleh ketidakpastian karena pandemi.

“Ajang PON bisa menjadi perekat solidaritas nasional, apalagi berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” imbuhnya.

Dari segi keamanan, Dirkrimum Polda Papua Kombes Faizal mengatakan persiapan pengamanan PON Papua berjalan dengan sangat baik, melibatkan seluruh stakeholder Polri dari pusat hingga daerah.

“Persiapan difokuskan ke dua hal yakni pengamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan kelompok radikal,” tegasnya.

Di kesemepatan yang sama, seniman Papua Putri Nere menyebut penyelengaraan PON XX merupakan kebanggaan bagi orang Papua.

“Semua harus bersinergi untuk menyukseskan PON Papua. Persiapan pemerintah sudah baik, tugas kita sekarang adalah membantu mempromosikan PON Papua,” katanya.

Choriul Anam yang juga mengisi webinar menekankan PPI seluruh dunia selalu mendukung penyelenggaraan PON Papua untuk membangkitkan semangat baru di masa pandemi.

“PON Papua bisa menjadi momentum untuk menunjukkan keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas