Tribun

Kasus Pembelian Gas Bumi, Kejagung Periksa Mantan Wagub Sumsel Hingga Pejabat PDPDE Gas

Pemeriksaan untuk mendalami kasus korupsi dalam pembelian gas bumi oleh BUMD PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
Kasus Pembelian Gas Bumi, Kejagung Periksa Mantan Wagub Sumsel Hingga Pejabat PDPDE Gas
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Kantor PDPDE Gas yang berada di DKI Jakarta. Dalam situs Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI, setidaknya PDPDE Gas punya tiga kantor di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kejaksaan Agung memeriksa 11 orang saksi terkait tindak pidana korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

Kapuspenkum Kejagung RI Leonard Eben Ezer menyatakan pemeriksaan dilakukan secara bersama antara Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

"Saksi-saksi yang diperiksa antara lain WM selaku Direktur Keuangan PT PDPDE Gas yang diperiksa terkait untuk mengetahui transaksi keuangan di PT PDPDE Gas," kata Leo dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Selain itu, pihaknya juga memeriksa AUG selaku Mantan Direktur Keuangan PT PDPDE Gas, MS selaku Mantan Sekda Provinsi Sumsel dan IM selaku Mantan Ketua Badan Pengurus PDPDE.

Kemudian, ES selaku Mantan Wakil Gubernur Provinsi Sumsel, ML selaku Sekretaris Badan Pengawas PDPDE, dan AJ selaku Kepala Biro Perekonomian/Anggota Badan Pengawas PDPDE.

Lalu, S selaku Tenaga Ahli Hukum dan Adin, SR selaku Direktur Operasional, PSY selaku Manager Keuangan PDPDE Sumsel, dan I selaku Direktur Umum PT Sumsel Energi Gemilang.

Menurut Leo, pemeriksaan untuk mendalami kasus korupsi dalam pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan Tahun 2010-2019.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan," ujarnya.

Baca juga: Alex Noerdin Ditahan Kejagung, Kantor PT PDPDE Gas di Jakarta Kini Tak Lagi Beroperasi

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung RI memutuskan menahan eks Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PD PDE) Sumatera Selatan periode 2010-2019

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas