Tribun

PON Papua

Presiden Jokowi Sebut PON XX Papua Sebagai Panggung Persatuan dan Persaudaraan

Jokowi menambahkan stadion Lukas Enembe yang sangat megah tersebut bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Editor: Hasanudin Aco
Presiden Jokowi Sebut PON XX Papua Sebagai Panggung Persatuan dan Persaudaraan
Capture Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX merupakan panggung persatuan, kebersamaan, dan panggung persaudaraan.  

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

“PON ini juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia, PON ini adalah pangung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan, untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” kata Jokowi dikutip dari Kompas.TV.

Jokowi mengaku bangga berada di Tanah Papua, juga bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik, serta bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). (Capture Youtube Sekretariat Presiden)

Baca juga: BERITA FOTO: Megahnya Stadion Lukas Enembe Lokasi Pembukaan PON XX Papua

Menurutnya, PON kali ini menggambarkan kemajuan Papua serta menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua.

“Dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” lanjutnya.

Jokowi menambahkan stadion Lukas Enembe yang sangat megah tersebut bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

Ada sejumlah capaian lain dari kemajuan Papua, di antaranya konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub,” tuturnya.

Papua Youth Creative Hub tersebut bertujuan untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas