Tribun

Semarak PON XX Papua

Dari Stadion Hingga Sosial Media, Kilas Balik Antusiasme Masyarakat Semarakan PON Papua XX

Menariknya, di PON XX 2021 Papua berbagai lapisan masyarakat punya cara unik mendukung atlet jagoan mereka.

BizzInsight
Dari Stadion Hingga Sosial Media, Kilas Balik Antusiasme Masyarakat Semarakan PON Papua XX
Abdul Majid/Tribunnews.com
Antusias pendukung tim Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (14/10/2021). Pada laga final sepakbola PON XX Papua, kesebelasan Papua akan menghadapi tim sepakbola Aceh. 

TRIBUNNEWS.COM - Meskipun sempat diundur satu tahun, semarak penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tetap meriah.

Acara yang diselenggarakan mulai dari 2 Oktober sampai 15 Oktober 2021 ini menghadirkan 7.039 atlet dari 34 provinsi yang siap berlaga di ajang bergengsi PON XX Papua 2021.

Menariknya, 32 dari seluruh perwakilan provinsi sukses meraih medali emas di ajang bergengsi tersebut. Hanya Maluku Utara dan Sulawesi Barat saja yang belum sempat mendapatkan medali emas.

Dikutip dari website resmi PON XX 2021 Papua, Jumat (15/10/2021) pukul 13.48 WIB, Jawa Barat menempati posisi teratas dengan peraihan 353 medali, DKI Jakarta 301 medali, Jawa Timur 287 medali, Papua 261 medali, dan Jawa Tengah 138 medali. 

Perolehan medali tersebut tentu berkat hasil kerja keras para atlet, pelatih, dan official team yang terus berjuang demi mengharumkan daerah asal mereka masing-masing.

Selain itu, pencapaian yang diraih pada PON XX 2021 Papua juga tidak lepas dari dukungan masyarakat yang diberikan kepada atlet dan team yang berlaga di ajang PON XX Papua 2021.

Menariknya, dukungan yang diberikan masyarakat kepada atlet jagoan mereka dilakukan dengan berbagai macam cara. Jawa Barat misalnya, melalui akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, para pendukung sengaja membunyikan mainan bambu khas Bumi Pasundan untuk menyemangati atlet renang yang sedang bertanding di ajang PON XX Papua 2021.

Tak hanya itu, sang Tuan Rumah pun tidak mau kalah untuk memberikan dukungan kepada para atlet yang berlaga di PON XX Papua 2021.

Saat pertandingan Sepak Bola Putri PON Papua di Stadion Katalpal, Merauke, nampak masyarakat Papua mendukung para atlet yang sedang berlaga dengan menggunakan koteka dan pakaian tradisional setempat.

Dukungan yang meriah tidak hanya hadir di stadion saja, jagat media sosial juga diramaikan dengan beragam semangat dari warganet untuk para atlet yang berlaga di ajang PON XX Papua 2021.

Salah satu yang mencuri perhatian yakni hashtag #EnesisDukungPONXXpapua. Hashtag tersebut sempat berada di posisi pertama di Twitter saat ajang PON XX Papua 2021 berlangsung.

hashtag #EnesisDukungPONXXpapua

Viralnya hashtag tersebut tidak terlepas dari peran Enesis Group yang menjadi salah satu Official Partner dalam ajang PON XX Papua 2021.

Selain Twitter, masyarakat pun turut memberikan dukungan di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

“Hai .. @enesisgroup, Salam Olahraga! Sukseskan perhelatan PON ke-XX Papua 2021. Raih prestasi dengan SEMANGAT tinggi untuk mengharumkan negeri. Mari kita kembangkan jiwa kesatria dan sportivitas melalui olahraga keep spirit!! #enesisdukungponxxpapua Ikutan say @trianakoe @lusi.felicia.5 @indrasyn46,” tulis akun Facebook Elli Natalih R.

Tak hanya itu, para warganet pun tidak malu untuk berbagi keseruan bersama keluarga di Instagram saat menyaksikan atlet jagoannya bertanding di ajang PON XX Papua 2021.

Keseruan PON XX Papua

“Keseruan nonton pertandingan pencak silat PON XX Papua sama anak-anak. Ayoo dukung dan sukseskan PON XX Papua bareng @enesisgroup #EnesisDukungPONXXPapua,” tulis akun Instagram @ayyaljaidi.

Begitulah keseruan semangat masyarakat dalam merayakan ajang olahraga PON XX Papua. Antusiasme yang terlihat baik langsung di venue pertandingan dan di dunia maya ini menjadi pengingat bahwa begitu cinta masyarakat akan ajang olahraga yang berlangsung setiap empat tahun sekali ini.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
Berita Populer
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas