Tribun

Virus Corona

Persyaratan Terbaru Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh: Anak di Bawah Usia 12 Tahun Tak Wajib Vaksin

Berikut persyaratan pada kereta antarkota atau jarak jauh serta protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Penulis: Katarina Retri Yudita
Editor: Inza Maliana
Persyaratan Terbaru Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh: Anak di Bawah Usia 12 Tahun Tak Wajib Vaksin
Tribunnews/Herudin
Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, menjelang libur Imlek, Kamis (11/2/2021). Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran soal syarat perjalanan baru di masa pandemi Covid-19 selama libur Imlek 12-14 Februari 2021, syarat tes Covid-19 yaitu test RT-PCR, rapid test antigen, ataupun tes GeNose C19 hanya berlaku untuk sehari atau 1x24 jam. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut persyaratan perjalanan menaiki kereta api antarkota atau jarak jauh dan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Berdasarkan Regulasi Syarat Naik KA Terbaru, SE No. 89 Tahun 2021 Kemenhub, pelaku perjalanan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan untuk naik kereta api.

Regulasi tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Dalam regulasi tersebut dijelaskan mengenai persyaratan naik kereta api jarak jauh.

Baca juga: Aturan Terbaru Pelaku Perjalanan Domestik Selama PPKM: Transportasi Udara Wajib Vaksin dan PCR

Pada SE terbaru ini, anak-anak berusia di bawah 12 tahun, sudah diperbolehkan naik kereta api antarkota atau jarak jauh, lokal, dan aglomerasi.

Bagi anak yang berusia di bawah usia 12 tahun, wajib didampingi oleh orang tua atau keluarga juga dibuktikan dengan Kartu Keluarga.

Kemudian, pada perjalanan kereta api antarkota atau jarak jauh, anak di bawah usia 12 tahun juga melampirkan hasil negatif Covid-19 dengan tes RT-PCR (2×24 jam) atau rapid test antigen (1×24 jam).

Namun, anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan vaksin.

Sementara itu, untuk pelaku perjalanan di atas usia 12 tahun pada perjalanan KA antarkota atau jarak jauh, masih diwajibkan melampirkan hasil negatif Covid-19 dengan tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Selain itu, anak berusia di atas 12 tahun sudah divaksin minimal dosis pertama, dibuktikan dengan kartu vaksin atau sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas