Tribun

Kiprah Teknisi IndiHome dalam Menyukseskan Event World Superbike Mandalika hingga MotoGp

Memasang jaringan fiber optic mulai dari STO hingga end to end ke pelanggan di lokasi event.

Editor: Content Writer
Kiprah Teknisi IndiHome dalam Menyukseskan Event World Superbike Mandalika hingga MotoGp
ISTIMEWA
Teknisi IndiHome Sukseskan Event World Superbike Mandalika hingga MotoGP 

TRIBUNNEWS.COM - Awal Nopember 2021, atau sekitar dua minggu sebelum perhelatan motor internasional, World Superbike (WSBK) berlangsung di Mandalika International Street Circuit. IndiHome, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Pesero) Tbk (Telkom), telah mengirimkan bantuan teknis (Bantek) sebanyak 16 orang untuk membangun jaringan ICT di sekitar kawasan event.

Mereka adalah orang-orang pilihan dari wilayah Telkom Jawa dan Bali yang ditugaskan khusus untuk membangun kebutuhan ICT mulai dari penggelaran fiber optic di Sentral Telepon Otomat (STO) di berbagai lokasi seperti STO Mataram, Posko Mataram, STO Gerung serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya hingga pembangunan access point yang memudahkan pengunjung berkomunikasi saat hadir dilokasi acara.

Alfian Romadoni, Manager Operasional Bantuan Teknis IndiHome menjelaskan tim Bantek IndiHome tersebut dipilih berdasarkan keahlian yang meliputi communication skill dan technic skill.  Mereka adalah tim pilihan yang memiliki keahlian khusus, bukan sekadar menarik dan menyambung kabel semata, tapi juga memiliki kehalian sebagai problem solver atas berbagai kendala yang dihadapi di lapangan, termasuk bersedia menyangkul tanah untuk instalasi jaringan fiber optic juga harus mereka kerjakan.

Menurut Alfian, saat ia dan tim tiba di lokasi pada 1 Nopember 2021 lalu, belum banyak bangunan yang berdiri dilokasi, jangankan jaringan komunikasi, bahkan aliran listrik pun belum terpasang dengan baik di lokasi acara. Bahkan, saking sepinya infrastruktur pendukung, Alfian mengira event tersebut tidak berlanjut.

“Awalnya saya ragu, ini sebenarnya eventnya jadi atau enggak sih, karena memang masih banyak pekerjaan yang belum selesai dan harus dikerjakan dengan cepat dalam waktu yang sangat singkat,” jelas Alfian di Mandalika (19/11/2021).

Namun, dengan tekad dan semangat yang kuat untuk membawa nama baik Indonesia di mata dunia, Alfian yang mengawal tim Bantek IndiHome tersebut bekerja ekstra keras setiap hari. Memasang jaringan fiber optic mulai dari STO hingga end to end ke pelanggan di lokasi event.

Menurutnya, Mandalika International Street Circuit yang nantinya juga merupakan tempat diselenggarakannya event bergengsi dunia, MotoGP, akan menjadi catatan sejarah tersendiri. Karena itu, sebagai pengagum sosok Soekarno, Aflian sangat bangga dan senang bisa berkontribusi membawa nama baik TelkomGroup dan Indonesia di mata dunia.

“Ini adalah pengalaman yang seru dan tidak akan pernah terlupakan, kesuksesan IndiHome membangun jaringan komunikasi di lokasi acara, menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kesuksesan event bergengsi di Sirkuit Mandalika,” jelas Alfian.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas