Tribun

Erupsi Gunung Semeru

Hampir Semua Media Jepang Beritakan Meletusnya Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur

Letusan gunung berapi telah menyebabkan pilar abu vulkanik sepanjang 12 kilometer menghantam wilayah Lumajang di Jawa Timur.

Editor: Dewi Agustina
Hampir Semua Media Jepang Beritakan Meletusnya Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur
SURYA/Hayu Yudha Prabowo
DAMPAK LETUSAN SEMERU - Kondisi perkampungan warga yang tertimbun abu vulkanik letusan gunung Semeru di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). Letusan Gunung Semeru mengakibat 13 orang meninggal dunia, 69 orang luka-luka serta jembatan penghubung Malang dengan Lumajang putus. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hampir semua media di Jepang baik lokal maupun nasional memberitakan peristiwa meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) lalu.

"Letusan besar terjadi pada tanggal 4 Desember di gunung berapi Semeru, yang terletak di timur Jawa, Indonesia, menewaskan 13 orang dan melukai 98 orang," tulis media daerah Chuo Nippou, Senin (6/12/2021).

Media lainya NTV mencantumkan 14 korban meninggal dan 56 orang luka berat.

Bahkan TV Asahi menyebutkan kematian sekitar 100 orang, belum lagi yang hilang.

Letusan gunung berapi telah menyebabkan pilar abu vulkanik sepanjang 12 kilometer menghantam wilayah Lumajang di Jawa Timur, dan ada kekhawatiran tentang kerusakan tambahan yang mengancam jiwa.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) mengumumkan pada tanggal 5 Desember bahwa 13 orang tewas dan 98 orang termasuk 2 wanita hamil terluka dalam letusan Gunung Semeru pada hari itu, tambah Chuo Nippou.

BNPB mengungkapkan sejauh ini 902 warga telah dievakuasi dalam situasi erupsi yang menghalangi pandangan dan sulit bergerak.

Pihak berwenang Indonesia mengirim tim penyelamat ke lokasi dan berangkat untuk menyelamatkan penduduk yang terisolasi dan memberikan pasokan bantuan.

Pihak berwenang menyelamatkan 10 orang yang terisolasi di sebuah tambang dekat gunung berapi sehari sebelumnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas