Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Komisi III: Pesan Kapolri Tegas Jangan Ada Lagi Polisi Tolak Laporan dari Masyarakat 

Jangan sampai ada lagi laporan bahwa kepolisian menolak atau tidak mau menindaklanjuti laporan masyarakat seperti yang viral di Jakarta Timur dan

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anggota Komisi III: Pesan Kapolri Tegas Jangan Ada Lagi Polisi Tolak Laporan dari Masyarakat 
Tribun Timur
Anggota DPR RI Andi Rio Padjalangi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, mengapresiasi sikap Kapolri Jenderal Listyo Sigot Prabowo yang menegaskan bahwa aparat kepolisian tidak memandang status sosial masyarakat dalam melayani dan menerima laporan pengaduan masyarakat berbagai macam hal. 

Misalnya seperti laporan kehilangan motor driver ojol yang di tolak di wilayah Polsek Cileungsi baru-baru ini. 

"Pesan Kapolri sangat tegas untuk ditindaklanjuti jajaran di institusi kepolisian di seluruh wilayah di Indonesia. Jangan sampai ada lagi laporan bahwa kepolisian menolak atau tidak mau menindaklanjuti laporan masyarakat seperti yang viral di Jakarta Timur dan kabupaten Bogor," kata Andi Rio kepada Tribun, Jumat (14/1/2022). 




Legislator Partai Golkar itu berharap, agar Kapolda di seluruh wilayah di Indonesia dapat terus memberikan sosialisasi dan sanksi bagi aparat kepolisian yang menolak laporan masyarakat. 

Sehingga apa yang menjadi cita cita Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dapat sesuai harapan yaitu Polri dekat dan dicintai publik. 

"Aparat kepolisian harus melayani bukan justru minta dilayani oleh masyarakat, aparat kepolisian harus merubah paradigma masyarakat selama ini. Jangan sampai masih ada kesan bahwa Polisi menjadi hal yang menakutkan dan terkesan masyarakat tidak akan didengarkan," ucapnya. 

Baca juga: Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Dibentuk, Kapolri Pastikan Kamtibmas Pagi, Siang dan Malam

Lebih lanjut, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu meminta, aparat kepolisian untuk selalu dapat membuka diri kepada masyarakat dengan selalu mendengar keluhan masyarakat di lapangan. 

BERITA TERKAIT

Menurutnya jangan sampai aparat kepolisian anti kritik dan tidak mau mendengarkan saran masyarakat. 

"Saran dan kritik yang membangun merupakan sebuah bukti kecintaan masyarakat terhadap institusi polri dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali dan memandang status sosial. Saya yakin polri kedepannya akan lebih baik dan selalu di cintai publik di tengah masyarakat," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas