Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menag Terbitkan Surat Edaran Penyelenggaraan Ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek 2022 saat Pandemi

Berikut ini aturan lengkap penyelenggaraan rangkaian ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili tahun 2022 yang diterbitkan oleh Menag.

Penulis: Adya Ninggar P
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Menag Terbitkan Surat Edaran Penyelenggaraan Ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek 2022 saat Pandemi
freepik
Imlek tahun 2022 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini ulasan mengenai penyelenggaraan rangkaian ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili tahun 2022.

Tahun ini, Hari Raya Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari 2022, besok.

Melalui Surat Edaran Nomor: SE.02 Tahun 2022, Menteri Agama menerbitkan panduan penyelenggaraan ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek dalam suasana Pandemi Covid-19.

Panduan ini diterbitkan untuk memberikan rasa aman kepada umat Khonghucu dalam penyelenggaraan rangkaian ibadah di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Sejarah dan Macam-macam Tarian Barongsai Sebagai Ciri Khas Perayaan Tahun Baru Imlek

Baca juga: Apa Arti Gong Xi Fa Cai? Ternyata Bukan Selamat Tahun Baru Imlek, Simak Kumpulan Ucapannya

Adapun Surat Edaran ini dimaksudkan dalam upaya pencegahan pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berikut ketentuan panduan penyelenggaraan rangkaian ibadah Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili saat Pandemi:

1. Persembahyangan Er Shi Sheng An, sembahyang menaikan syukur kepada Tuhan atas berkah dan keselamatan yang telah diterima selama 1 (satu) tahun.

BERITA TERKAIT

2. Persembahan Chu Xi, malam menyambut Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili, yaitu pada tanggal 29 bulan 12 tahun 2572 Kongzili (31 Januari 2022), segenap umat Khonghucu diharapkan bersembahyang di rumah masing-masing, memohon kepada Tian agar bangsa Indonesia segera terbebas dari segala bentuk bencana, selalu solid, rukun dan damai.

3. Pelaksanaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua kelenteng/ miao/ litang/ xuetang, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dilaksanakan secara terbatas paling banyak 10% atau disesuaikan dengan level PPKM daerah bersangkutan dari kapasitas kelenteng/ miao/ litang/ xuetang dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan tidak berkerumun.

b. Dengan mempertimbangkan peningkatan penyebaran Covid-19 yang signifikan dan munculnya virus baru Omicron yang sangat cepat menular, maka tidak dianjurkan untuk keluar kota dan/atau mudik.

c. Merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili dengan sederhana dan terbatas, sedapat mungkin menghindari keramaian, dan kebiasaan kumpul-kumpul keluarga dan kerabat dalam jumlah besar.

d. Melaksanakan Ibadah Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili secara sederhana dan terbatas, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satuan Tugas Covid di lingkungan masing-masing.

e. Memaknai Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili dengan berbagi kepada sesama, membantu masyarakat yang membutuhkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas