Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita KSAD Jenderal Dudung Temukan Prajurit Beli Seragam Rp 400 Ribu: 'Jangan Ada Lagi yang Beli'

KSAD Dudung menemukan ada prajuritnya yang harus membeli sendiri seragam seharga Rp 400 ribu.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Cerita KSAD Jenderal Dudung Temukan Prajurit Beli Seragam Rp 400 Ribu: 'Jangan Ada Lagi yang Beli'
Tribunnews.com/Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat Coffee Morning Pimpinan Redaksi Bersama KSAD di Mabesad Jakarta Pusat pada Senin (7/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan kondisi prajurit yang ia temui di lapangan dalam kunjungan-kunjungan kerjanya ke daerah.

Saat memeriksa kondisi prajuritnya di daerah, Dudung mengungkapkan menemukan ada prajuritnya yang harus membeli sendiri seragamnya.

Ketika ditanya, kata dia, prajuritnya tersebut membeli seragam seharga Rp 400 ribu.

Tidak hanya itu, bahkan prajurit tersebut juga membeli Integrated Personell Protection (IPP) setnya sendiri.

Selain itu, Dudung juga menemukan adanya prajurit-prajurit di Natuna yang menggunakan seragam berbahan velbed.

Menurut Dudung, meski seragam-seragam tersebut tidak akan luntur dalam jangka waktu yang panjang, namun bahannya panas.

BERITA REKOMENDASI

Hal itu disampaikannya saat Coffee Morning Pimpinan Redaksi Bersama KSAD di Mabesad Jakarta Pusat pada Senin (7/2/2022).

"Kalau bagi kita mungkin mudah, tapi bagi mereka. Saya tanya bajumu beli berapa? Siap, Rp 400 ribu. Di Natuna pun saya cek bajunya rata-rata pakai baju yang dari velbed. Yang dari velbed itu setahun saja tidak luntur. Tapi panasnya minta ampun. Ya maksudnya biar dia tidak beli lagi beli lagi," kata Dudung.

Dudung kemudian memerintahkan Asisten Logistik (Aslog) KSAD untuk membelikan seluruh prajurit di daerah operasi baju, kaos, sepatu, dan perlengkapan tugas lainnya.

Ia miris melihat prajurit di daerah operasi yang rela meninggalkan anak istrinya demi tugas bahkan mempertaruhkan nyawa, juga harus menanggung kebutuhan seragam dan perlengkapan tugasnya.

Selain itu, ia juga memerintahkan Panglima dan Komandan Satuan di daerah untuk memperhatikan kondisi prajurit TNI AD yang bertugas baik dari sisi tempat tinggal hingga pakaian.

Baca juga: Jenderal Dudung Dilaporkan, Panglima TNI Andika Perkasa: Penyidik Wajib Menindaklanjuti Laporan Itu

"Saya sudah perintahkan ke Aslog, bahkan dari Kemhan nanti Prajurit akan diberikan PDL 4 setel, sepatu 2 setel, kaos 4 setel, kaos kaki 4 setel. Begitu juga dengan nanti helmnya, IPP setnya. Jadi tidak ada lagi prajurit yang beli. Jangan sampai saya dengar lagi ada prajurit yang beli," kata dia.

Ia juga memperingatkan kepada para pemimpin di jajaran TNI AD untuk tidak semena-mena dan seenaknya.

Dudung mengingatkan ke jajaran pimpinan di TNI AD untuk melibatkan eselon terdepan dalam mengambil kebijakan dan keputusan karena hal itu akan berdampak langsung kepada mereka.

"Saya sampaikan kepada komandan, kalau ada komandan satuan, danrem, danyon, dandim. Ada yang kapal keruk, udah kapal keruk vacuum cleaner, udah gitu pakai kanebo lagi. Copot. Ganti dia. Mau hebatnya, pintarnya kayak apa, kalau dia pelit menyengserakan prajurit, udah lain cerita. Ganti," kata Dudung.

Ia pun mencontohkan Jenderal Besar Sudirman yang rela menjual hartanya demi prajurit yang dipimpinnya.

Baginya, seorang pemimpin seharusnya diidamkan kehadirannya, bukan justru ditakuti.

"Jenderal Sudirman saja dulu bergerilya jual gelang jual kalung untuk anak buahnya. Makanya pemimpin harus dihormati, dicintai, diidam-idamkan kehadirannya. Bukan datang ditakuti, datang tegang, dan sebagainya," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas