Tribun

Pengamat : 3 Tokoh Papan Atas jadi Capres Latar Belakangnya Kepala Daerah dan Menteri

Di mana, sosok yang dimaksud itu yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Daryono
zoom-in Pengamat : 3 Tokoh Papan Atas jadi Capres Latar Belakangnya Kepala Daerah dan Menteri
kolase/dok Tribunnews.com
Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus pendiri lembaga survei dari Indo Barometer, M. Qodari menyoroti, munculnya beberapa deklarasi dukungan dari kelompok masyarakat untuk seorang tokoh maju sebagai Calon Presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Qodari menyebut, deklarasi dukungan itu lumrah terjadi terlebih di negara yang memiliki sistem demokrasi seperti halnya Indonesia.

Kendati demikian, dirinya menyatakan, untuk sejauh ini terdapat tiga nama tokoh yang memiliki elektabilitas paling konsisten di beberapa lembaga survei untuk menjabat sebagai presiden mendatang.

"Per hari ini, tiga calon presiden papan atas itu latar belakangnya ada dua, pertama kepala daerah, dan yang kedua menteri," kata Qodari kepada Tribunnews.com, Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Analis Politik Nilai Puan Maharani Miliki Banyak Karya Positif Modal Capres 2024

Adapun, ketiga nama itu kata Qodari kini tengah menjabat pada lembaga eksekutif sebagai kepala daerah dan menteri.

Di mana, sosok yang dimaksud itu yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sementara untuk survei beberapa nama kepala lembaga legislatif seperti Ketua DPD La Nyalla Mattalitti; Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo masih tergolong kecil.

"Memang karena kinerja itu terutama kelihatan di bagian eksekutif baik kepala daerah maupun menteri. Legislatif lebih kepada pembuatan UU, jadi itu sih kondisi yang ada sekarang," kata Qodari.

"Tetapi dinamika akan terus berjalan bisa saja muncul pola dan situasi yang baru," tukas dia.

Sebagaimana diketahui, meski kontestasi Pilpres masih terbilang lama, namun, beberapa kelompok masyarakat telah melakukan deklarasi dukungan untuk mengusung tokoh andalannya maju sebagai calon presiden (Capres) 2024 mendatang.

Baca juga: Pengamat: Tanpa Dukungan NU Maupun PBNU, Cak Imin Lewati Jalan Terjal di Pencapresan 2024

Teranyar, Masyarakat Samarinda yang tergabung dalam Persaudaraan Borneo Gemilang mendeklarasikan diri untuk mendukung Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti sebagai capres.

Adapun deklarasi ini digelar di GOR Sempaja Kota Samarinda, Kamis (17/2/2022) sore.

Mereka menganggap jika LaNyalla merupakan tokoh yang pemberani, khususnya untuk membela masyarakat kecil.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas