Tribun

Arifin Panigoro Meninggal Dunia

Pemerintah Turut Fasilitasi Kepulangan Jenazah Arifin Panigoro dari Amerika Serikat ke Indonesia

Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemerintah akan turut serta dalam kepulangan jenazah Arifin Panigoro dari Amerika Serikat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pemerintah Turut Fasilitasi Kepulangan Jenazah Arifin Panigoro dari Amerika Serikat ke Indonesia
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui awak media di rumah duka Arifin Panigoro di Jalan Jelangga I No 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (28/2/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemerintah akan turut serta dalam kepulangan jenazah Arifin Panigoro dari Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan Sandi, saat dirinya menyambangi rumah duka Arifin Panigoro sekaligus memberikan doa atau takziah atas kepergian Arifin.

"Iya saya diberitahu bahwa Kedubes RI di Amerika Serikat bapak Roslani sedang koordinasi dengan konsulat jenderal (Konjen) Indonesia di Chicago dan tentu pemerintah akan fasilitasi terbaik kepulangan beliau," kata Sandi kepada awak media, Senin (28/2/2022).

Kendati demikian, Sandi belum dapat memberikan penjelasan detail terkait mekanisme pemulangan jenazah Arifin Panigoro tersebut.

Sebab hingga kini, baik pihak pemerintah maupun keluarga sedang melakukan pengurusan kepulangan jenazah dari negeri Paman Sam itu.

Terpenting kata Sandi, pemerintah akan memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan terhadap pemulangan jenazah Arifin Panigoro.

Baca juga: Berduka Kehilangan Sosok Arifin Panigoro, Menparekraf Sandiaga Uno: Beliau Adalah Sosok Inspiratif

"Ini masih koordinasikan nanti kami sampaikan lagi kami dari pemerintah. Beliau sebagai anggota dewan pertimbangan presiden kami akan berikan pelayanan sesuai dengan ketentuan," ucap Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi juga turut menyampaikan duka cita terdalamnya untuk keluarga besar almarhum Arifin Panigoro.

Harapannya, seluruh amalan jenazah almarhum Arifin Panigoro selama hidup dapat diterima di sisi Allah SWT, Tuhan yang maha Esa.

"Semoga almarhum khusnul khatimah diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan diterangi alam barzahnya dan dilapangkan kuburnya," tukas Sandi.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, di lokasi, Sandi Uno hadir sekitar pukul 16.25 WIB bersama dengan keluarganya termasuk sang isteri dan orang tua.

Baca juga: Karangan Bunga Banjiri Kediaman Pengusaha Sukses Arifin Panigoro

Sandi bersama keluarga, terpantau langsung memasuki area rumah duka almarhum Arifin Panigoro selepas turun dari mobil yang ditumpanginya.

Tak lama berselang, Sandiaga Uno yang mengenakan baju muslim lengan panjang warna putih, celana panjang hitam dan peci hitam keluar dari area rumah duka.

Diketahui, Arifin Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun karena sakit. Rencananya jenazah Arifin akan disemayamkan di rumah duka di Griya Jenggala, Jalan Jenggala 1, Jakarta Selatan. 

Kendati begitu hingga saat ini, jenazah masih berada di salah satu Rumah Sakit di Amerika Serikat. Di sisi lain, pihak keluarga diketahui sedang melakukan pengurusan untuk kepulangan jenazah ke tanah air.

Baca juga: Presiden Jokowi Sempat Komunikasi dengan Arifin Panigoro Sebelum Tutup Usia

Arifin Panigoro yang merupakan pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk memulai usaha dengan mengakuisisi Tesoro di Kalimantan Timur. 

Tesoro sendiri bukan lah nama daerah, melainkan nama perusahaan yang menjalankan produksi minyak bumi sebelum Medco.

Majalah Forbes pernah mencatatkan Arifin Panigoro sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020. Menempati peringkat ke-47, Forbes mencatat kekayaannya sebesar US$ 550 juta.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas