Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Datang ke IKN, Ridwan Kamil Bawa Air dan Tanah dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Datang ke IKN, Ridwan Kamil Bawa Air dan Tanah dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat
muhamad syarif abdussalam/tribunjabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menata wadah berisi tanah dan air dari 27 kabupaten/kota di Jabar untuk dibawa ke ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).

Tak hanya Ridwan, seluruh gubernur diundang untuk agenda bersama Presiden Joko Widodo di titik nol ibu kota negara (IKN) pada 14-15 Maret 2022.

Mereka diminta menggunakan pakaian adat masing-masing daerah, serta membawa tanah dan air dari masing-masing provinsi untuk ritual adat di IKN.

Ridwan Kamil menjelaskan, pihaknya membawa air dan tanah yang dikumpulkan di Bandung, dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Baca juga: Pakar Kesehatan: IKN Baru Harus Dipersiapkan dengan Prinsip Ketahanan terhadap Pandemi di Masa Depan

"Tanah dan air ini berasal dari 27 kota dan kabupaten di Jabar, yang kami kumpulkan di Bandung," ujar Kang Emil saat tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan, kemarin.

Ia mengatakan, bukan tanpa alasan Presiden Joko Widodo meminta semua gubernur membawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing untuk dibawa ke IKN.

Tanah dan air, ujarnya, adalah simbol persatuan.

BERITA TERKAIT

"Tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dalam tanah Ibu Kota Nusantara," kata Kang Emil.

Baca juga: Berkemah di IKN, Begini Penampakan Tenda Jokowi dan Iriana 

Ditemui seusai menggelar acara bertemakan "Tanah dan Air dari Jawa Barat untuk IKN" di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (12/3/2022), Emil mengatakan tanah dan air yang ia bawa ke Penajam ini bukanlah tanah dan air yang diambil dari sembarang tempat.

"Tentu dipilih menurut kearifan lokal," ujarnya. "Alhamdulillah dalam waktu singkat 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa barat dengan gerak cepat dan dengan semangat yang sangat baik sudah berhasil mengirimkan air dan tanah ini," ucapnya.

Emil lantas menyebut sejumlah lokasi pengambilan tanah dan air ini.

"Sumbernya bermacam-macam. Ada yang dari air Masjid Agung, ada yang dari air gunung. Ada yang dari air keramat dan lain sebagainya," sebut Gubernur.

Dibawanya tanah dan air dari Jabar ke IKN, terang Emil, juga menjadi simbol dukungan dari seluruh warga Jabar.

"Yang tentu mendoakan lahir dan batin agar perjalanan bangsa ini Allah berkahi, Allah lindungi," ujar Emil.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas