Tribun

Bursa Capres

Selain Demokrat, NasDem, PPP, PKS Disebut Parpol yang Memungkinkan Usung Anies-AHY di Pilpres 2024

setidaknya ada tiga partai politik selain Demokrat yang akan mengusung Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jika keduanya maju dalam Pemili

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Selain Demokrat, NasDem, PPP, PKS Disebut Parpol yang Memungkinkan Usung Anies-AHY di Pilpres 2024
Kompas.com/Singgih Wiryono
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio membeberkan setidaknya ada tiga partai politik selain Demokrat yang akan mengusung Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jika keduanya maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketiga partai politik yang dimaksud yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Ya yang suka sama Anies itu kan ada beberapa partai ya seperti misalnya NasDem, PPP, PKS," kata Hendri kepada Tribunnews.com, Jumat (8/4/2022).

Pernyataan dari Hendri tersebut menyikapi hasil survei opini publik yang dikeluarkan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Kamis (7/4/2022) kemarin.

Dalam surveinya SMRC turut mengeluarkan hasil terkait dengan potensi pasangan tokoh yang akan memenangkan Pilpres mendatang. 

Hasilnya, Anies-AHY menempati posisi pertama melampaui pasangan Ganjar-Airlangga dan Prabowo-Puan.

Atas hal tersebut Hendri beranggapan, jika Anies Baswedan menyatakan sikap untuk maju dalam kontestasi Pilpres mendatang maka harus ada Partai Politik yang mengusungnya --mengingat Anies tidak bergabung dengan partai--.

Oleh karenanya kata Hendri, ketiga Parpol itulah yang diyakini memungkinkan untuk mengusung Anies Baswedan sehingga nantinya berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Tapi kalau sudah dengan AHY berarti dengan Demokrat ya mungkin yang akan bergabung ya NasDem, PPP, PKS itu," tukasnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengeluarkan hasil riset terbarunya. 

Kali ini SMRC turut melakukan survei opini publik terhadap kandidat pasangan yang berpeluang menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Dalam survei bertajuk 'Prospek Capres 2024' itu, dominan responden memilih pasangan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Hasil itu didapat, setelah SMRC kata Sirojudin Abbas selaku Direktur Eksekutif melakukan pembentukan pasangan capres-cawapres dengan lima faktor yakni koalisi, komunikasi antar partai, tiga partai besar, faktor intensitas serta pertimbangan elektabilitas calon.

Baca juga: Elektabilitas Anies Baswedan Menguat, Calon Presiden yang Bisa Disandingkan dengan Siapapun

"Poros Nasdem-Demokrat-PKS dapat mencalonkan Anies Baswedan karena elektabilitasnya cukup baik, sementara Nasdem dan PKS tidak punya kader yang kompetitif," kata Abbas saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Kamis (7/4/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas