Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Otto Hasibuan Tegaskan Tak Akan Layani Tantangan Hotman Paris Untuk Berdiskusi Terkait Kode Etik

Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan menegaskan tak akan melayani tantangan Hotman Paris Hutapea untuk berdiskusi terkait etika advokat

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Otto Hasibuan Tegaskan Tak Akan Layani Tantangan Hotman Paris Untuk Berdiskusi Terkait Kode Etik
Foto: Tribunnews.com/Gita Irawan
Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan saat konferensi pers di kantor Sekretariat DPN Peradi Jakarta Barat pada Senin (18/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan menegaskan tak akan melayani tantangan Hotman Paris Hutapea untuk berdiskusi terkait etika advokat dalam polemik advokat pamer harta dan kemewahan.

Otto mengatakan kode etik advokat bukanlah untuk didiskusikan.

Menurutnya, kehebatan seseorang dalam hal etika advokat bukan hanya terletak pada pengetahuan seseorang akan hal tersebut melainkan pada kepatuhan dan ketaatan.

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers di kantor Sekretariat DPN Peradi Jakarta Barat pada Senin (18/4/2022).

"Jadi saya tidak akan mau melayani dia berdebat soal itu, karena ini tidak ada gunanya. Kode etik tidak untuk diperdebatkan tetapi untuk ditaati, dilaksanakan, dan ditegakkan. Jadi saya tidak mungkin akan melayani itu," kata Otto.

Otto mengatakan ia memahami terkait kode etik advokat karena ia merupakan satu di antara sejumlah advokat yang merancang draft kode etik advokat.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan menurutnya, ia juga yang mengantarkan draft tersebut ke DPR RI.

"Jadi saya mengerti kode etik itu mana yang baik dan mana yang buruk. Tapi kode etik ini tidak perlu diperdebatkan, tidak perlu didiskusikan seperti itu, karena kehebatan sesorang mengenai kode etik itu bukan dilihat dari bagaimana saya menguasai kode etik, tetapi terlihat daripada apakah patuh atau taat kepada kode etik atau tidak," kata Otto.

Baca juga: Keluar dari Peradi, Hotman Paris: Saya Sudah Bergabung dengan Organisasi Advokat Lain

Diberitakan sebelumnya Hotman Paris Hutapea ingin berdiskusi dengan Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan terkait advokat berdansa dan memiliki Lamborghini.

Hotman berharap ada stasiun televisi yang mewadahi diskusi dirinya dengan Otto.

"Imbauan kepada stasiun televisi di seluruh Indonesia apakah Anda berkenan mengundang Dr Otto Hasibuan Ketua Umum Peradi, dan Dr Hotman Paris untuk berkenan berdiskusi secara positif, secara kekeluargaan, tentang apa salah seseorang yang kebetulan seorang advokat tapi juga memiliki puluhan klub, puluhan restoran yang menyediakan tempat berdansa," ucap Hotman dalam video yang diunggah di Instagram miliknya, Jumat (15/4/2022).

Hotman lantas mempertanyakan titik kesalahan ketika seorang advokat memiliki mobil mewah dan mendapat perhatian publik.

Baca juga: Keluar dari Peradi, Hotman Paris Berlabuh ke DPN Indonesia

"Kedua, apakah salah seorang advokat yang kebetulan advokat mengendarai Lamborghini dan dimuat media massa, berterima kasih kalau ada stasiun televisi yang mengundang Dr Hotman Paris dan sahabat Dr Otto Hasibuan," kata Hotman dalam video itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas