Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aspotmar KSAL Temui Prajurit TNI dan Masyarakat di Pulau Rondo yang Menjadi Pulau Terluar

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr., (Han) dalam Safari Ramadan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Aspotmar KSAL Temui Prajurit TNI dan Masyarakat di Pulau Rondo yang Menjadi Pulau Terluar
Istimewa
Aspotmal Kasal melaksanakan Komsos dan Baksos terhadap tokoh masyarakat dan masyarakat nelayan KBN serta meninjau serbuan (maritim) Vaksin Covid 19 oleh Lanal Sabang penyalurkan sembako bekerja sama dengan CTARSA Foundation dan TNI AL serta menyampaikan taliasih untuk masyarakat dan Satgas Puter di Pulau Rondo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memberikan motivasi dan semangat kepada Prajurit TNI yang sedang bertugas di daerah operasi, diperlukan kehadiran pimpinan di lapangan.

Bahkan ketika harus menempuh perjalanan berat dan penuh dengan risiko.

Hal inilah yang dilakukan  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr., (Han) dalam Safari Ramadan Spotmar TNI AL Tahun 2022 di Wilayah Kerja Lanal Sabang.

Nur Alamsyah menyempatkan diri menyapa Prajurit TNI AL Satgasmar Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Rondo, Jumat (22/4/2022).

Disamping itu AspotmarKasal juga mengunjungi Pos Angkatan Laut (Posal) Lampulo, Posal Lhoknga, Posal Meulaboh dan Posal Mahalayati di Sabang serta Mako Lanal Sabang, Fasharkan, Mako Lanudal, Posal Suka Karya Satrad TNI AL di Sabang. Safari Ramadan Spotmar TNI ini juga dilakukan dengan meninjau Kampung Bahari Nusantara (KBN) di desa Pasiran, Sabang.

"Kunjungan ini sangat penting untuk memotivasi prajurit dan masyarakat yang berada di wilayah tersebut agar tetap semangat dan sinergi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk menuju pertahanan wilayah," jelas Nur Alamsyah dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Survei Populi Center soal Kepercayaan Publik pada Lembaga Negara: TNI Teratas, Parpol Paling Buncit

BERITA REKOMENDASI

Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang tidak berpenduduk terletak di Samudera Hindia dan berbatasan langsung dengan wilayah negara India yaitu Kepulauan Nikobar.

Pulau ini merupakan wilayah paling ujung bagian barat dari NKRI, secara administratif merupakan bagian dari wilayah Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam.

Untuk menyapa Prajurit TNI yang bertugas menjaga keamanan di Pulau Rondo, diperlukan perjuangan berat dan beresiko tinggi, dimana harus menempuh perjalanan laut sekitar 1 jam menggunakan kapal.

Nur Alamsyah barenang sejauh 400 meter1
Aspotmar KSAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah barenang sejauh 400 meter di Pulau Rondo menyapa prajurit yang bertugas sebagai penjaga perbatasan

Namun untuk bisa mendarat di Pulau Rondo, kita harus berenang sejauh lebih kurang 400 meter karena tidak tersedia fasilitas labuh.

Perairan di sekitar Pulau Rondo yang terbuka langsung ke Samudera Indonesia menyebabkan lautnya berombak dan berarus kencang sehingga untuk berenang akan sangat menguras tenaga dan beresiko terbawa arus.

"Saat mendarat kita akan berhadapan dengan benturan ombak yang cukup besar dan dapat menghempaskan badan kita diantara karang-karang yang ditempeli teritip yang sangat tajam dan tersebar di sepanjang pantai.

Tidak hanya sampai disitu, untuk menuju ke Pos Satgasmar Pam Puter kita juga harus menaiki 328 anak tangga yang terjal," jelasnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas