Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MAKI Minta Mahfud MD Objektif Saat Bandingkan Kepemimpinan KPK Sekarang dengan Sebelumnya

Sebab menurut Boyamin, bahkan KPK saat ini berdasarkan hasil survei beberapa lembaga mendapatkan penilaian lebih buruk.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in MAKI Minta Mahfud MD Objektif Saat Bandingkan Kepemimpinan KPK Sekarang dengan Sebelumnya
Tribunnews.com/Reza Deni
Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, meminta kepada Menkopolhukam Mahfud MD untuk memberikan penilaian objektif atas pernyataannya terkait kepemimpinan KPK saat ini dengan yang sebelumnya.

Kata Boyamin, pernyataan Mahfud yang mengungkapkan kalau KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri tidak lebih jelek dari pimpinan sebelumnya khususnya Agus Rahardjo merupakan penilaian yang prematur.

Sebab menurut Boyamin, bahkan KPK saat ini berdasarkan hasil survei beberapa lembaga mendapatkan penilaian lebih buruk.

"Jadi saya mohon minta tolong kepada pak Mahfud itu memberikan penilaian yang objektif dan nyatanya hasil survei juga lebih buruk, turun," ucap Boyamin kepada Tribunnews.com, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: MAKI Sebut Pernyataan Mahfud MD Prematur, Terkait Kepemimpinan KPK Sekarang dengan Sebelumnya

Terlebih kata dia, Indeks Persepsi Antikorupsi Indonesia juga anjlok di masa kepemimpinan Firli Bahuri cs.

Oleh karenanya, dia berkesimpulan kalau kondisi penanganan korupsi oleh lembaga antirasuah tersebut saat ini, dinilai lebih buruk jika harus dibandingkan dengan yang sebelumnya.

BERITA TERKAIT

Namun, penilaian itu tidak semestinya dikeluarkan sekarang, sebab hingga saat ini KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri cs belum selesai dan masih melakukan pekerjaan.

"Sempat indeks persepsi antikorupsi juga turun jadi bagaimana dianggap tidak lebih jelek gitukan? Jadi ya tetep jelek, jeleknya seperti apa? Ya lebih jelek lagi tetap," tukas Boyamin.

Sebelumnya, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) turut buka suara menyikapi pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD yang membandingkan kepemimpinan Firli Bahuri dengan yang sebelumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam pernyataannya Mahfud MD menyatakan, kalau kepemimpinan Firli di KPK tidak lebih jelek jika dibandingkan dengan kepemimpinan sebelumnya khususnya Agus Rahardjo dkk.

Menurut Koordinator MAKI Boyamin Saiman pernyataan dari Mahfud MD itu masih prematur dan belum saat nya dikeluarkan, karena hingga saat ini Firli Bahuri cs masih memimpin di lembaga antirasuah.

"Pernyataan pak Mahfud itu susah juga dan terlalu prematur membandingkan (pimpinan) yang sudah selesai dengan yang belum selesai," kata Boyamin kepada Tribunnews.com, Jumat (29/4/2022).

Terlebih kata Boyamin, selama memimpin KPK, Agus Rahardjo telah membuat beberapa kasus penanganan korupsi yang menurutnya telah menjadi sorotan banyak pihak, salah satunya e-KTP.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas