Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Istiqlal Bakal Gelar Salat Idulfitri Tahun Ini, Imam Besar Imbau Jemaah Terapkan Prokes

Masjid Istiqlal akhirnya kembali akan menyelenggerakan Salat Idulfitri tingkat kenegaraan pada 1 Syawal 1443 Hijriah tahun ini pasca pandemi Covid-19.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Masjid Istiqlal Bakal Gelar Salat Idulfitri Tahun Ini, Imam Besar Imbau Jemaah Terapkan Prokes
Ist
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Istiqlal akhirnya kembali akan menyelenggerakan Salat Idulfitri tingkat kenegaraan pada 1 Syawal 1443 Hijriah tahun ini pasca pandemi Covid-19.

Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA mengatakan di bawah pimpinan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), pihak Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sudah melakukan koordinasi tentang perayaan hari raya Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal.

Untuk menjaga kesehatan para jemaah, ia mengatakan Masjid Istiqlal tetap melaksanakan perayaan Idulfitri tingkat kenegaraan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

"Protokol kesehatan yang berlaku standar Masjid Istiqlal. Semua jemaah diimbau memakai masker, melakukan pemeriksaaan suhu, kami juga memperhatikan persiapan lain yaitu mengantisipasi jumlah pengunjung yang datang karena sudah sangat merindukan masjid kebanggaannya," kata Nasaruddin di laman resmi Masjid Istiqlal, istiqlal.or.id, dikutip pada Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Masjid Istiqlal Dapat Sertifikat Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Perayaan Idulfitri 1443 Hijriah, kata dia, akan dilangsungkan mulai dari malam hari dengan diselenggarakannya kegiatan Gema Malam Takbir Nasional.

"Malamnya akan diselenggarakan takbir nasional yang mengundang pimpinan negara lain yang terhubung melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)," kata Nasarudin.

BERITA TERKAIT

Terkait pengamanan pada kegiatan stalat Idulfitri 1443 Hijriah tingkat kenegaraan, Nasaruddin juga mengatakan bahwa pihak BPMI sudah mulai berkoordinasi dengan Kemenag dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg).

Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan KH Bukhori Sail Attahiri, Lc, MA mengatakan akan ada rapat koordinasi antara Kemenag dan Masjid Istiqlal pada Minggu besok.

"Rapat dan survey sudah dilakukan dari pihak Kemsetneg, dan Ahad nanti ada rapat koordinasi antara Kemenag dan Masjid Istiqlal," kata Bukhori.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas