Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jasa Marga Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan Kembali ke Jabodetabek

Pemudik yang saat ini tengah berada di kampung halaman diimbau untuk segera mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabodetabek.

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jasa Marga Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan Kembali ke Jabodetabek
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Kendaraan pemudik antre panjang diruas Jalan tol Cikopo-Palimanan saat diberlakukannya contra flow di Kawasan Cikopo, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). H-2 Lebaran 2022, sejumlah kendaraan pemudik terus memadati jalan tol Cipali menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemudik yang saat ini tengah berada di kampung halaman diimbau untuk segera mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabodetabek.

Demikian dikatakan Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Heru mengatakan alasannya mengapa pemudik perlu melakukan persiapan soal arus balik.




“Periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik," kata Heru.

Dia mengatakan akan ada peningkatan lalu lintas jika pemudik merencanakan kembali ke Jabodetabek pada tanggal yang sama.

"Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan,” tambah Heru.

Lebih lanjut, mudik Lebaran pada tahun 2022 ini mencatatkan rekor tertinggi dibandingkan periode-periode Lebaran sebelumnya.

Baca juga: Ini Jadwal One Way-Contraflow di Tol Kalikangkung Hingga Tol Japek saat Arus Balik Lebaran 2022

BERITA TERKAIT

Adapun rekor tersebut dihitung dari pergerakan lalu lintas (lalin) yang meninggalkan Jabotabek , yakni sebanyak 1,7 juta kendaraan mulai H-10 hingga H-1 Lebaran atau 22 April hingga 1 Mei 2022.

"Angka ini naik 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019 lalu, sebelum pandemi," kata Heru.

Ditambahkan Heru, Jasa Marga juga telah membandingkan rekor 1,7 juta kendaraan dengan lalin normal pada periode November 2021.Tercatat peningkatan lalin sebesar 18,6 persen. 

"Dilihat dari sisi distribusi lalu lintas, tujuan yang menjadi favorit pemudik juga masih menuju arah timur via Jalan Tol Trans-Jawa yang memegang 53,8 persen dari total pemudik," lanjut Heru.

Sementara itu, 27,6 persen menuju arah Merak dan 18,7 persen menuju arah Puncak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas